PENDIDIKAN

Poster Siswa SMAN 1 Lirik Masuk Kategori Terbaik dari Lomba Kemendikbud dan DJP

Indragiri Hulu | Rabu, 27 Mei 2020 - 01:26 WIB

Poster Siswa SMAN 1 Lirik Masuk Kategori Terbaik dari Lomba Kemendikbud dan DJP
Dwi Yusuf Rafli saat meraih juara satu pada lomba debate bahasa Inggris yang ditaja STKIP, belum lama ini. (SMAN 1 Lirik for Riau Pos)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Siswa SMAN 1 Lirik di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) harumkan nama daerah itu di tingkat nasional. Dia adalah Dwi Yusuf Rafli, siswa kelas  XII jurusan IPA. 

Betapa tidak, dari dua lomba yang diikutinya, Dwi berhasil masuk kategori terbaik. Di mana dari dua lomba yang diikutinya itu tinggal menunggu pengumuman pemenang lomba. "Saat lomba dimulai, saya masih kelas XII dan sekarang sudah lulus dari SMAN 1 Lirik," ujar Dwi Yusuf Rafli, Selasa (26/5/2020).


Dua lomba yang diikutinya itu, yakni yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Kedua lomba itu masih berkaitan dengan poster dengan tema berbeda.

Untuk lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbud berupa visualisasi yang dituangkan dalam bentuk poster dengan tema rempah Indonesia. Setelah melalui sejumlah tahapan, poster yang dibuat anak kedua dari pasangan Yondi Veri SPd dan Iriani itu, berhasil masuk lima besar.

Bahkan jelang berakhirnya dukungan pada tanggal 31 Mei 2020 mendatang berupa like dan komen melalui tag akun @budaya_maju dan @budayasaya, poster yang dibuat warga Desa Lambang Sari 123, Kecamatan Lirik ini sudah berada diurutan ketiga terpaforit. "Ada 1.200 poster dari tiga tingkatkan yakni SMA, mahasiswa dan umum dan poster saya masuk lima besar," ungkapnya.

Diurutan kesatu itu sambungnya, peserta dari mahasiswa IPB dan urutan kedua peserta dari SMA IT di pulau Jawa. "Poster yang saya buat, berupa peta Indonesia yang didalamnya terdapat gambar rempah-rempah. Untuk itu saya minta dukungan masyarakat untuk like maupun komen," sambungnya.

Kemudian untuk lomba ditaja oleh DJP, poster yang dibuatnya sudah berhasil diurutan kesatu jelang berakhirnya dukungan yang bisa dilihat melalui akun TAX IG COMPETITION 2020. Di mana dukungan berupa like dan komen akan berakhir pada tanggal 28 Mei 2020 besok.

Selain masuk kategori, Rafli begitu dia panggil, sudah banyak prestasi yang diraihnya. Seperti juara dua pelajar pelopor keselamatan tingkat Provinsi Riau tahun 2019 lalu. Juara satu Best Speaker of the Tournament (pembicara terbaik) pada lomba debate Bahasa Inggris se Kabupaten Inhu yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Insan Madani Air Molek serta juara satu FLS2N design poster tingkat Kabupaten Inhu.

Ke depan harapannya, setiap anak negeri ini yang berhasil mengharumkan nama daerah, hendaknya ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Inhu maupun Provinsi Riau.

"Banyak bibit-bibit di daerah ini tetapi jarang diperhatikan," terang Rafli yang berencana kuliah mengambil jurusan ilmu hukum.

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)
Editor: E Sulaiman




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

Fekon Unand

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com