Bupati Bengkalis Minta OPD Inventarisir Kendala Percepatan Pelaksanaan DAK

Infotorial | Kamis, 19 Mei 2022 - 14:00 WIB

Bupati Bengkalis Minta OPD Inventarisir Kendala Percepatan Pelaksanaan DAK
Bupati Bengkalis Kasmarni memimpin rapat evaluasi realisasi fisik 2022 di ruang rapat Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (18/5/2022). (DISKOMIMFOTIK BENGKALIS)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Sebagai wujud efisiensi dan efektivitas proses pembangunan dan penggunaan anggaran,  Bupati Bengkalis Kasmarni melaksanakan rapat evaluasi realisasi fisik dan keuangan APBD Bengkalis, periode 30 April 202, di ruang rapat Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (18/5/2022).

Rapat yang dibuka Bupati Kasmarni tersebut diikuti seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD), kepala bagian dan camat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.

Yamaha Alfa Scorpii

Dalam rapat tersebut, Bupati mengatakan, rapat evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana realisasi kegiatan dan apa saja yang menjadi hambatan, serta kendala dalam pelaksanaan kegiatan pada masing-masing OPD. Terutama dalam percepatan pelaksanaan dana DAK dan APBD, sehingga hambatan-hambatan tersebut bisa diantisipasi segera.

Sementara itu, Bupati yang akrab disapa Bukkas ini menyampaikan, bahwa kegiatan rutin rapat evaluasi realisasi fisik dan keuangan APBD yang dilaksanakan, perlu disadari ini sebagai tanggung jawab  bersama, agar dalam pelaksanaannya bisa dikerjakan tepat waktu.

"Apalagi saat ini kita sudah menggunakan sistem SIPD dan ini bisa kita pantau langsung kegiatan di masing-masing OPD. Untuk itu, kami ingatkan untuk segera dituntaskan dan diselesaikan. Jangan sampai sudah memasuki finis baru terburu-buru untuk mengerjakan," ujarnya.

Bupati meminta kepada kepala OPD menyampaikan kendala dalam percepatan pelaksanaan DAK sebelum batas akhir bulan Juni.


Menurutnya, apabila di masing-masing OPD tersebut ada kendala, jangan sampai hanya didiamkan. Jika perlu dirinya akan meninjau ke masing-masing OPD untuk duduk semeja, diskusikan bersama bagaimana untuk mengevaluasi agar bisa mengambil langkah untuk percepatan pelaksanaan realisasi fisik dan keuangan.

"Kami juga berpesan, karena APBD kita paling besar, tentunya segala kegiatan yang kita laksanakan dapat diketahui dalam bentuk fisiknya. Sehingga keberadaan kinerja kita dapat dikatakan secara nyata, dan kita bisa mencapai hasil yang maksimal," ujarnya.

Kemudian di akhir rapat tersebut tiap-tiap kepala OPD, kepala bagian dan camat melaporkan hasil realisasi fisik kegiatan dan keuangan APBD tahun anggaran 2022 secara umum hasil laporan realisasi fisik dan keuangan sampai 30 April 2022.(ifr)

 

Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)

Editor: Edwar Yaman

 



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com