ASPIRASI

Bupati Bengkalis Sampaikan Usulan ke Pusat melalui Komisi V DPR RI

Infotorial | Selasa, 19 Juli 2022 - 13:00 WIB

Bupati Bengkalis Sampaikan Usulan ke Pusat melalui Komisi V DPR RI
Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan cenderamata kepada anggota Komisi V DPR-RI, Fraksi PDIP Ir Effendi Sianipar di Ruang Rapat Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin (18/7/2022) pagi. (DISKOMINFOTIK BENGKALIS UNTUK RIAUPOS.CO)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso serta Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam, menerima kunjungan anggota Komisi V DPR-RI,  Fraksi PDIP Ir Effendi Sianipar beserta rombongan, di Ruang Rapat Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin (18/7/2022) pagi.

Kasmarni juga menyampaikan beberapa usulan serta sekilas gambaran umum, Pulau Bengkalis mulai dari tata letak geografis dan kawasan strategis pariwisata daerah dimana pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Yamaha Alfa Scorpii

Kepada anggota DPR RI Effendi Sianipar, Bupati mengajak untuk melihat dan menyerap serta memberikan dukungan, untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat, secara langsung berbagai informasi dan aspirasi masyarakat Kabupaten Bengkalis, terkait beberapa permasalahan aktual pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Negeri Junjungan ini, khususnya terkait infrastruktur dan perhubungan.

"Saat ini, yang menjadi prioritas kami khusus di bidang infrastruktur dan perhubungan di antaranya adalah pembangunan jembatan Pulau Bengkalis dan Sumatera, tepatnya menuju Kecamatan Bukit Batu. Serta pembangunan jembatan Dumai menuju Pulau Rupat, pembangunan jembatan tersebut tentunya menjadi skala prioritas kami, dalam mempelancar urat nadi lalu lintas barang dan jasa masyarakat," jelas Kasmarni.

Lanjutnya lagi, yang menjadi prioritas lainnya yakni pembangunan dan peningkatan Jalan Air Putih menuju Selat Baru, pembangunan jalan lingkar Pulau Rupat, peningkatan Jalan Gajah Mada di Kecamatan Mandau, peningkatan status Jalan Bengkalis menuju Ketam Putih agar menjadi Jalan Nasional, dan pembangunan tempat pembuangan akhir di Kecamatan Bengkalis.

Ia menyebutkan, yang tak kalah pentingnya, adanya program penataan dan peningkatan pemukiman kumuh di Kabupaten Bengkalis, usulan bantuan stimulan perumahan swadaya. Kemudian, permohonan izin pinjam pakai kawasan hutan untuk pembangunan pelabuhan penyeberangan Ketam Putih di Desa Sungai Batang, penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan persampahan, pembangunan rumah sakit pratama di Pulau Rupat, dan pemerataan infrastruktur seperti jalur logistik trans sumatera serta pembangunan infrastruktur perbatasan dan truk odol.


Tak hanya itu, bupati perempuan pertama di Riau ini juga menyampaikan kondisi wilayah Kabupaten Bengkalis yang mengalami abrasi cukup luas setiap tahunnnya, bahkan banyak kebun-kebun dan rumah masyarakat yang saat ini posisinya sudah dilautan akibat abrasi. Tentunya hal tersebut jika tidak segera ditangani secara cepat dan tepat, maka akan berdampak negatif bagi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat serta keutuhan daerah ini.

"Bantuan dan perhatian Pemerintah Pusat, untuk membangun struktur bangunan pelindung pantai sangat kami harapkan, seperti dinding pantai, pemecah gelombang sesuai dengan kondisi kawasan yang terkena abrasi atau lainnya. Begitu pula dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir, kegiatan pembangunan dan pengembangan desa serta kegiatan pengembangan dan kemudahan pengelolaan sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Bengkalis," harap Kasmarni.

Menanggapi itu, anggota Komisi V DPR-RI Fraksi PDIP, Ir. Effendi mengatakan, menerima usulan tersebut dan dirinya berharap semua usulan yang disampaikan sebaiknya disalurkan kepada Kepala Balai terkait untuk nantinya disampaikan ke Pemerintah Pusat, karena balai memiliki kewenangan menerima pengaduan dan aspirasi masyarakat termasuk Kabupaten Bengkalis ini.(ifr)
 

Laporan: Abu kasim (Bengkalis)

Editor: E Sulaiman








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



HUT RI 77 Rokan hilir

BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-18.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com