Berkunjung ke Riau Pos, Siswa ICS Ingin Tahu Banyak Hal

Infotorial | Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:39 WIB

Berkunjung ke Riau Pos, Siswa ICS Ingin Tahu Banyak Hal
Murid dari Indonesian Creative School (ICS) berfoto bersama di percetakan PT Riau Graindo, kompleks Graha Pena Riau, Pekanbaru, Jumat (20/5/2022). (MHD AKHWAN/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Dengan menggunakan seragam berwarna navy, puluhan siswa dari SD Indonesian Creative School (ICS) berkunjung ke redaksi Riau Pos, Jumat (20/5). Mereka terdiri dari siswa kelas VI yang sudah menyelesaikan pembelajarannya.

Didampingi Kepala SD ICS Divia Rishi MEd dan guru-guru, murid terdiri dari dua kelas tampak antusias. Mereka disambut langsung oleh Redaktur Pelaksana Pendapatan Riau Pos Syahrul Mukhlis. Dikatakan Divia, kunjungan tersebut memang telah dirancang untuk menambah pengalaman dan referensi bagi siswa. Namun, sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Yamaha Alfa Scorpii

"Kemarin kita lihat bahwa anak-anak kelas VI sudah selesai dengan pembelajarannya. Lebih daripada itu, kita ingin anak-anak mempelajari beberapa hal yang mungkin sifatnya bukan 100 persen belajar di dalam kelas. Tapi ada hal-hal lain yang mereka perlu tahu di kehidupan mereka yang sedang berjalan yang mungkin secara tidak langsung juga mempengaruhi mereka," ujarnya kepada Riau Pos.

Ia juga menilai bahwa anak-anak juga perlu tentang berita-berita yang berseliweran saat ini. Apakah bisa dipercaya dan dijadikan referensi atau sebaliknya. "Apalagi kan anak-anak sekarang pelajarannya bukan hanya buka buku, baca. Mana tahu mereka dapat project, dapat pekerjaan yang mereka harus diskusi bersama. Referensi itu kan sangat diperlukan. Dengan kunjungan ke Riau Pos ini, kita percaya di sini adanya berita otentik yang bisa kita jadikan sebuah masukan bagi kita warga biasa. Kami berharap, siswa juga akan lebih selektif dalam mencari referensi yang bisa dipercaya atau reliable," ujarnya.

M Paspor
Iklan

Di sela kunjungan, siswa juga diberikan informasi tentang profesi seorang wartawan. Termasuk diajarkan ilmu tentang 5 W 1 H + What Next yang menjadi kunci seorang wartawan dalam menulis berita. Mereka juga diperkenalkan dengan lini digital Riau Pos yang tersebar di berbagai platform media sosial.

Murid pun aktif bertanya dan ingin tahu tentang banyak hal. Di antaranya tentang proses terbitnya sebuah koran. Karena itu, Syahrul Mukhlis pun memaparkannya dengan kalimat yang ringan dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Tak samlai di situ, seluruhnya juga diajak tour ke berbagai ruangan di Riau Pos. Termasuk ke area percetakan.


Syahrul mengaku senang dan mengapresiasi kunjungan tersebut. Setelah pulang dari Riau Pos, ia berharap anak-anak ini akan memiliki pemahaman dan informasi lebih tentang dunia jurnalistik dan pemberitaan. “Sudah sangat tepat (SD ICS, red) berkunjung ke sini. Riau Pos merupakan media terbesar yang masih bisa berdiri hingga saat ini karena masih sangat dipercaya oleh masyarakat. Semoga setelah kunjungan ini, adik-adik bisa memilah berita sejak dini dan menghargai profesi seorang wartawan," ujarnya.(azr)

 



DPRD SIAK



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Daihatsu Sigra

DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com