Bupati Tandatangani Komitmen Bersama Peningkatan Kualitas SPIP

Infotorial | Selasa, 24 Mei 2022 - 16:02 WIB

Bupati Tandatangani Komitmen Bersama Peningkatan Kualitas SPIP
Bupati Bengkalis Kasmarni menandatangani komitmen bersama peningkatan kualitas SPIP saat Rapat Evaluasi Triwulan Pertama Pembangunan Daerah Tahun 2022 di Ball Room Hotel Surya Duri, Senin (23/5/2022). (DISKOMINFOTIK BENGKALIS)

BENGKALIS (RIAUPOS.CO) - Dengan melihat begitu pentingnya peran Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi, serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dapat menerapkan SPIP. Tidak hanya pada unit kerja terkecil, akan tetapi hingga kepada masing-masing individu.


"Karena SPIP bukan hanya upaya membentuk mekanisme administratif saja, akan tetapi juga upaya melakukan perubahan sikap dan perilaku (soft factor). Mengingat, implementasi SPIP sangat bergantung kepada komitmen, teladan pimpinan dan niat baik dari seluruh pejabat maupun pegawai perangkat daerah," ujar Bupati Bengkalis, Kasmarni saat membuka  Rapat Evaluasi Triwulan Pertama Pembangunan Daerah Tahun 2022 di Ball Room Hotel Surya Duri, Senin (23/5/2022).

Bupati juga melakukan  penandatanganan komitmen bersama peningkatan kualitas SPIP dan penguatan manajemen risiko pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Makanya  penandatanganan komitmen bersama peningkatan kualitas SPIP dan penguatan manajemen risiko, sebagai komitmen seluruh Kepala OPD guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas. Sesuai dengan amanat PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah,” jelas Kasmarni.

Kasmarni juga memberi tips kepada kepala OPD dalam mengimplementasi program dan kegiatan maupun sub kegiatan. Yaitu kepala OPD harus selalu bersama dan bersinergi menjaga komitmen Pemkab Bengkalis agar kualitas laporan keuangan daerah tetap dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).


"Alhamdulillah, kita telah mencapai kinerja tersebut sebanyak sembilan kali berturut-turut dan harus kita pertahankan," ujarnya.

Kemudian terus dorong pencapaian outcome pembangunan daerah, agar lebih terarah dan terukur. Khusus pada pencapaian delapan program unggulan daerah serta selalu terapkan prinsip efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas sebagai salah satu bentuk penerapan spip yang merupakan bagian dari program reformasi birokrasi nasional.

Hadir dalam rapat tersebut Staf Ahli Bupati Bengkalis, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono, Asisten Prekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Kepala Perwakilan BPKP Prov Riau, Fauqi Achmad Kharir, Pejabat Pengendali Teknis Pada Bidang Akuntabilitas Pemda BPKP Prov Riau, Yanerius.(ifr)

 

Laporan: Abu Kasim (Bengkalis)

Editor: Edwar Yaman

 

 

 



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com