Bangunan SDN 002 Pangkalankerinci Segera Direhab

Interaktif | Selasa, 19 April 2022 - 11:46 WIB

Bangunan SDN 002 Pangkalankerinci Segera Direhab
Ruangan belajar SDN 002 Desa Kuala Terusan Pangkalankerinci mengalami kerusakan. Foto diambil baru-baru ini. (M AMIN/RIAUPOS.CO)

BAGIKAN



BACA JUGA


PANGKALANKERINCI (RIAUPOS.CO) - Keinginan dan harapan masyarakat dan juga pihak sekolah yang mendambakan perbaikan bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 002 Pangkalankerinci, bakal segera terwujud. Pasalnya, Perintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan segera merealisasikan rehab tersebut pada 2022 ini.

 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan Drs H Abu Bakar FE MAp kepada Riau Pos, pekan ini di ruang kerjanya. Dikatakannya bahwa, rehab bangunan SDN 002 tersebut sebanyak dua lokal yang telah masuk dalam alokasi dana APBD Murni tahun 2022.

"Ya, insya Allah, tahun 2022 ini, sebanyak dua lokal bangunan SDN 002 Desa Kuala Terusan akan kita akukan rehab," terangnya. Diungkapkan mantan kepala BPBD Pelalawan ini bahwa, pihaknya sudah turun melakukan peninjauan kondisi SDN tersebut telah menerima proposal dari pihak sekolah. Alhasil, rehab sekolah tersebut menjadi prioritas Disdikbud Pelalawan pada 2022 ini.

"Jadi, saat kita tinjau, kondisi sekolah itu (SDN 002 Kuala Terusan, red), ada dua lokal yang sangat memprihatinkan. Di mana banyak plafon dan dinding lokal berbahan material kayu yang telah lapuk dan patah. Sehingga, kita langsung mengalokasikan dana APBD untuk melakukan rehab sedang sekolah tersebut pada tahun 2022 ini," paparnya seraya berharap rahab tersebut nantinya dapat memberikan kenyamanan para peserta didik.

Dijelaskan Abu Bakar bahwa, jika nantinya rehab tersebut telah terlaksana, maka pihaknya akan melakukan peninjauan langsung ke dua lokal tersebut. Artinya, jika rehab tersebut tidak bertahan lama, maka Disdikbud Pelalawan akan mengajukan pembangunan gedung permanen sekolah tersebut dalam rencana kerja (renja) tahun 2023 mendatang. Baik melalui dana APBD Pelalawan atau pun dana alokasi khusus (DAK).


"Intinya, kita akan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Negeri Seiya Sekata ini. Baik dari segi sarana dan prasarana, hingga peningkatan SDM tenaga pendidik," ujarnya.

Di tempat terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda Pelalawan, Tengku Zulfan SE membenarkan adanya pelaksanaan rehab sedang dua lokal bangunan SDN 002 Kuala Terusan pada tahun 2022 ini. Namun demikian, pihaknya meminta agar Disdikbud Pelalawan dapat melakukan peninjauan rahab tersebut. Dan jika rahab tersebut dirasakan belum maksimal, maka Disdikbud dapat memasukkan pembangunan gedung baru sekolah tersebut dalam renja tahun 2023 mendatang.

"Jadi, untuk penuntasan bangunan SDN 002 ini, Disdikbud dapat mengajukan usulan dalam renja 2023 menggunakan APBD tahun 2023. Baik itu melalui reguler ataupun dari dana DAK. Dan nantinya, kita akan cek kembali di SIPD soal usulan pembangunan SDN 002 Kuala Terusan itu. Jika kondisi keuangan daerah memungkinkan, maka usulan pembangunan sekolah permanen tersebut akan kita kabulkan," ujar mantan Kabag Pembangunan Sekda Pelalawan ini. (amn)

 







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com