Masyarakat Desa Bukit Gajah Dambakan Semenisasi Jalan

Interaktif | Kamis, 20 Mei 2021 - 10:20 WIB

Masyarakat Desa Bukit Gajah Dambakan Semenisasi Jalan
Pengendara sepeda motor kesulitan melintasi jalan tanah merah Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan yang berlumpur dan berlubang pascadiguyur hujan, beberapa waktu lalu. (M AMIN AMRAN/RIAU POS)

UKUI (RIAUPOS.CO) - Berada di pengujung pedesaan Kabupaten Pelalawan yang berbatasan dengan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), membuat pembangunan infrastruktur di Desa Bukit Gajah Kecamatan Ukui masih dirasakan kurang maksimal. Pasalnya, sejak sepuluh tahun lalu (2010), masyarakat desa setempat mengeluhkan kondisi akses jalan tanah yang masih belum dilakukan semenisasi atau pengaspalan.

"Ya, sejak tahun 2010 lalu, pembangunan di desa kami khususnya pembangunan infrastruktur masih sangat minim dan kurang maksimal. Pasalnya, hingga saat ini kondisi akses jalan tanah di desa kami, masih belum dilakukan semenisasi atau pengaspalan. Jika musim penghujan, jalan tersebut sangat becek dan licin, sehingga sangat dikeluhkan masyarakat di Desa Bukit Gajah ini. Belum lagi jika musim kemarau, jalan tersebut sangat tebal ditutupi debu, sehingga sangat mengganggu jarak pandang warga pengendara kendaraan," terang Munawar, salah seorang warga Desa Bukit Gajah Heri kepada Riau Pos, Rabu (19/5).


Diungkapkannya bahwa, masyarakat Desa Bukit Gajah telah mengajukan permohonan pembangunan jalan semenisasi tersebut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan. Dan bahkan, masyarakat juga telah menyampaikan permohonan ini kepada para anggota DPRD Pelalawan terpilih dari dapil III. Sedangkan jalan yang belum dilakukan peningkatan berupa semenisasi atau pengaspalan ini, panjangnya tinggal 2 kilometer lagi. Sementara itu, jalan di desa lainnya di Kecamatan Ukui telah dilakukan semenisasi.

"Namun demikian, permohonan yang telah kami sampaikan ini, hanya sebatas janji-janji yang hingga saat ini masih belum direalisasikan. Untuk itu, ribuan masyarakat Desa Bukit Gajah sangat mengharapkan dan mendambakan agar Pemkab Pelalawan dapat segera merealisasikan pembangunan semenisasi jalan tersebut. Dengan demikian, maka tentunya pembangunan ini nantinya akan mempermudah akses masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomiannya," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan MD Rizal MPd mengatakan bahwa, Pemkab Pelalawan akan segera merealisasikan pembangunan semenisasi jalan masyarakat Desa Bukit Gajah. Hanya saja, dengan adanya keterbatasan anggaran serta adanya dampak penyebaran Covid-19, maka pembangunan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

" Ya, in sya Allah pada tahun ini kita akan merealisasikan keinginan masyarakat secara bertahap. Khususnya Desa Bukit Gajah yang mendambakan pembangunan semenisasi jalan. Untuk itu, kami berharap agar masyarakat dapat bersabar menjelang kegiatan pembangunan tersebut kita realisasikan. 

Intinya, Pemkab Pelalawan akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemajuan pembangunan yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat di Negeri Seiya Sekata ini sesuai dengan visi Pelalawan Maju," tutupnya.(amn)
 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  2021-06-13.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com