Cina Kutuk AS saat Pelosi Tiba di Taiwan, Pesawat Tempur Siaga

Internasional | Rabu, 03 Agustus 2022 - 15:00 WIB

Cina Kutuk AS saat Pelosi Tiba di Taiwan, Pesawat Tempur Siaga
Nancy Pelosi saat dalam perjalanan ke Taiwan dan akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen pada Rabu (3/8/2022). (KEMENTERIAN LUAR NEGERI TAIWAN MELALUI EPA)

BEIJING (RIAUPOS.CO) – Cina mengutuk kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. Cina menyebut sikap Pelosi sebagai tindakan sangat berbahaya.

AS memperingatkan bahwa perjalanan itu merupakan ancaman bagi stabilitas di kawasan itu. Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa (2/7/2022) malam.

Yamaha Alfa Scorpii

Washington tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka, tetapi terikat oleh hukum AS untuk memberi pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

 “Kami tidak bisa berdiam diri saat PKC (Partai Komunis Cina) terus mengancam Taiwan dan demokrasi itu sendiri,” tulis Pelosi di kolom opini seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu (3/8/2022).

Pelosi tiba di Bandara Songshan di pusat kota Taipei dengan penerbangan dari Malaysia untuk memulai kunjungan yang berisiko mendorong hubungan AS-Cina ke titik terendah baru. Delegasinya disambut oleh menteri luar negeri Taiwan, Joseph Wu, dan Sandra Oudkirk, perwakilan tinggi AS di Taiwan.

 


Siapkan Operasi Militer

Cina mengutuk kunjungan Pelosi. Kementerian luar negeri mengatakan itu sangat merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

“Kunjungan itu memiliki dampak yang parah pada landasan politik Cina-AS. hubungan, dan secara serius melanggar kedaulatan dan integritas teritorial Cina,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Gerakan ini, seperti bermain api, sangat berbahaya. Mereka yang bermain api akan binasa karenanya,” tambah pernyataan itu.

Pesawat-pesawat tempur Cina mendengung di garis yang membelah Selat Taiwan sebelum kedatangan Pelosi. Militer Cina telah disiagakan tinggi dan akan meluncurkan operasi militer yang ditargetkan sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengumumkan bahwa mereka akan melakukan latihan udara dan laut bersama di dekat Taiwan mulai Selasa malam, dan uji coba peluncuran rudal konvensional di laut timur Taiwan. Pelosi sedang melakukan tur Asia yang mencakup kunjungan terjadwal ke Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang.

Perhentiannya di Taiwan tidak diumumkan tetapi diantisipasi secara luas. Pelosi mengatakan bahwa kunjungan ke Taiwan sama sekali tidak bertentangan dengan kebijakan Cina.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-11.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com