ABK Positif, Kapal Pengangkut CPO Asal India Dikarantina di Dumai

Internasional | Rabu, 05 Mei 2021 - 16:26 WIB

ABK Positif, Kapal Pengangkut CPO Asal India Dikarantina di Dumai
Ilustrasi: Kapal bersandar di pelabuhan internasional Dumai, Riau. (DOK.RIAUPOS.CO)

BAGIKAN



BACA JUGA

DUMAI (RIAUPOS.CO) - Kapal  MT ARK Progress Asal India  yang akan mengangkut CPO dari Perusahan Pengolahan CPO di Dumai masih di karantina di perairan Dumai. Itu menyusul ada satu ABK  berinisial JRM (64) yang dinyatakan Positif Covid-19 dan kini di rawat di RS Aulia Pekanbaru.

"Kapal masih di karantina, ABK yang ada di atas kapal tidak boleh turun, karena dalam kondisi di karantina," ujar Plt Kepala KKP Kota Dumai Amal.


Ia mengatakan pihaknya masih menunggu hasil swab PCR bagi para ABK lainnya.  

"Untuk pasien yang positif, masih mendapatkan perawatan di RS Aulia," terangnya  

Ia mengatakan awalnya sekitar  27 April 2021 lalu‎, kapal MT Progress menunjukan bendera kuning dalam artian kapal tersebut sedang dikarantina. 

"Petugas langsunf melakukan rapid anti gen ‎kepada sekitar 20 ABK MT Progress‎ asal negara India tersebut dan hasilnya ada dua ABK yang dinyatakan reaktif dan langsung ditindak lanjuti ke tes PCR," ujarnya. 

Ditambahannya dari dua ABK yang rapid anti gennya reaktif, dan setelah dilakukan tes PCR hanya satu ABK yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Hanya satu Positif ABK tersebut dengan jabatan Kapten Kapal, kapal ini akan memuat CPO dari Dumai untuk di  bawa keluar Negeri" tutupnya. 

Sementara itu, Kasi Pelayanan Kesehatan Diskes Kota Dumai dr Hafiz mengatakan terkait apakah ABK tersebut terpapar virus corona varian baru atau tidakbelum bisa di pastikan, karena masih dalam tahap pemeriksaan. 

"Kami sudah kirim sampelnya ke laboratorium Jakarta  memerlukan waktu untuk mengidentifikasi virus corona varian baru tersebut," tutupnya.

Laporan: Hasanal Bolkiah (Dumai)

Editor: Eka G Putra


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com