Biden Mau Bicara dengan Putin Jika Serangan Rusia ke Ukraina Dihentikan

Internasional | Rabu, 07 Desember 2022 - 20:30 WIB

Biden Mau Bicara dengan Putin Jika Serangan Rusia ke Ukraina Dihentikan
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (JPG)

WASHINGTON (RIAUPOS.CO) - Presiden AS Joe Biden membuka ruang dialog untuk bicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin asalkan Rusia menghentikan serangan ke Ukraina. Terakhir, mereka berdua tidak bertemu dalam acara G20 di Bali karena Putin tidak hadir.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Emmanuel Macron dari Prancis, Presiden Joe Biden mengatakan, dia akan terbuka untuk berbicara dengan Vladimir Putin jika pemimpin Rusia memiliki kemauan yang sah dalam negosiasi perdamaian. Untuk saat ini, Biden tidak memiliki rencana menghubungi Putin.

Yamaha Alfa Scorpii

“Saya tidak memiliki rencana segera untuk menghubungi Putin,” kata Biden seperti dilansir dari ABC News, Rabu (7/12/2022).

“(Putin) salah menghitung setiap hal,” katanya.

“Jadi, pertanyaannya adalah saya siap jika dia bersedia berbicara untuk mencari tahu apa yang dia bersedia lakukan,” kata Biden. 

Namun, ia menegaskan ada syaratnya bicara dengan Putin yaitu dengan berkonsultasi dengan NATO. “Tetapi, saya hanya akan melakukannya dengan berkonsultasi dengan NATO saya. Saya tidak akan melakukannya sendiri,” kata Biden.

Sementara itu, Presiden Macron, mengatakan terserah Ukraina untuk datang ke meja perundingan. Ia berharap ada upaya damai antara Ukraina dan Rusia.

“Jadi, sah-sah saja jika Presiden Zelenskyy menetapkan beberapa syarat untuk berbicara. Kita perlu mengupayakan apa yang bisa mengarah pada kesepakatan damai. Tapi, dia harus memberi tahu kita kapan waktunya tiba dan apa pilihan Ukraina,” kata Macron.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Eka G Putra









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riaupos-bappeda-bengkalis
dispora rohul -  riau pos



riaupos-kpu meranti

pn bengkalis -  riau pos




Beacukai

Badminton BRI - Riau Pos

riaupos-golkar

riaupos stain bengkalis


EPAPER RIAU POS  30-Januari.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com