Italia Terapkan Terapi Kejut Imbangi Dampak Corona

Internasional | Selasa, 10 Maret 2020 - 08:40 WIB

ROMA (RIAUPOS.CO) -- Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte bakal menerapkan strategi terapi kejut demi mengimbangi dampak wabah virus corona terhadap ekonomi. Untuk itu, pemerintah harus siap menggelontorkan dana besar. “Kami tidak akan berhenti di sini. Kami akan menggunakan terapi kejut. Untuk keluar dari keadaan darurat ini kami akan mengerahkan seluruh sumber daya manusia dan ekonomi,” kata Perdana Menteri Giuseppe Conte kepada harian la Repubblica, Senin (9/2).


Conte menambahkan bahwa pemerintah akan menggunakan sepenuhnya fleksibilitas yang dimungkinkan aturan anggaran Eropa. Menteri Ekonomi Roberto Gualtieri pekan lalu menjanjikan sekitar EUR 7,5 miliar untuk membantu ekonomi menahan dampak wabah tersebut. Demi memenuhi janji tersebut, pemerintah meningkatkan target defisit anggaran tahun ini menjadi 2,5 persen dari 2,2 persen.

Dalam menghadapi dampak buruk yang ditimbulkan oleh wabah corona terhadap perekonomian, sejumlah negara juga mengambil langkah-langkah kebijakan ekonomi ekstra.

Kerugian yang diderita oleh berbagai perusahaan atau maskapai penerbangan karena terjadinya pembatasan bahkan penghentian sementara operasi penerbangan, memaksa otoritas penerbangan sipil di  Cina menurunkan biaya-biaya operasional terkait pemakaian jasa bandara. Corona juga menimbulkan dampak buruk di sektor industri olahraga, terutama yang melibatkan penonton dalam jumlah besar seperti sepak bola. Italia termasuk negara yang membatalkan sejumlah pertandingan Serie A akibat merebaknya corona.(ant/dil/jpnn)


Laporan: JPG






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com