KONFLIK ISRAEL-PALESTINA

Legislator Asal Riau Desak Jokowi Bentuk Gerakan Terkait Aneksasi Tepi Barat oleh Israel 

Internasional | Kamis, 11 Juni 2020 - 21:21 WIB

Legislator Asal Riau Desak Jokowi Bentuk Gerakan Terkait Aneksasi Tepi Barat oleh Israel 
Ketua Delegasi Parlemen Indonesia untuk Palestina DPR RI, Syahrul Aidi Maazat. (YUSNIR/RIAUPOS.CO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Ketua Delegasi Parlemen Indonesia untuk Palestina DPR RI, Syahrul Aidi Maazat, mengecam keras terkait rencana Israel menganeksasi Tepi Barat Selatan wilayah Kota Hebron dan mendesak Presiden Jokowi membentuk gerakan masif. Ia meminta ketegasan Jokowi sebagai negara Islam untuk melakukan aksi nyata membantu Palestina.

"Presiden Indonesia harus lebih tegas bersikap dan tidak hanya mengirimkan surat-surat formalitas yang sudah di lakukan sebelumnya. Hari ini tindakan pengecaman tersebut harus dibarengi tindakan nyata dan membuat gerakan besar dan men-drive OKI untuk lebih berperan secara keorganisasian," kata Syahrul Aidi, Kamis (11/6/2020).


Menurut Syahrul, tindakan Israel terhadap wilayah Tepi Barat yang di penuhi warga Israel di masa Covid-19 adalah sangat berbahaya bagi tatanan kehidupan, khsusunya umat muslim yang bermukim di sana.

"Kami dari delegasi parlemen untuk palestina mengecam keras tindakan sepihak Israel untuk menganeksasi Palestina dan meminta," ujar politisi PKS asal Riau itu.

Menurut dia, perlakuan aneksasi Israel ini akan memecah kebuntuan berpikir terkait upaya-upaya perdamaian lanjutan. Usaha untuk mencipatakan perdamaian akan sulit dan mustahil terwujud.

"Keinginan perdamaian di Timur Tengah hanya fatamorgana karena apabila terjadi perang hebat antara Israel dan Palestina maka yang terkena dampak adalah wilayah Timur Tengah secara keseluruhan bahkan memicu perang dunia ketiga," katanya.

Sebagai salah satu negara mayoritas muslim terbanyak di dunia, ujarnya, Indonesia mempunyai seruan strategis untuk mengupayakan perdamaian Israel dan Palestina dan melawan segala hal yang merusak perdamaian tersebut.

Sebagaimana diketahui, Israel mengumumkan akan menganeksasi sebagian wilayah Kota Hebron, Tepi Barat Selatan, termasuk salah satunya adalah tanah sekitar Masjid Ibrahimi. Meski di tengah suasana Covid-19, Jaksa Agung Israel Avichai Mandelblit nyatanya menyetujui penyitaan tanah Palestina milik wakaf Islam itu.  

Laporan: Yusnir (Jakarta)
Editor: Hary B Koriun



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com