INTERNASIONAL

Kasus Hepatitis Misterius di AS Makin Meluas, Pasien Balita Terbanyak

Internasional | Jumat, 20 Mei 2022 - 06:01 WIB

Kasus Hepatitis Misterius di AS Makin Meluas, Pasien Balita Terbanyak
Ilustrasi seorang anak tengah diperiksa tim medis terkait hepatitis misterius. (INDEPENDENT)

WASHINGTON DC (RIAUPOS.CO) – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mencatat kasus hepatitis misterius melonjak dari 109 ke 180. Kini wabah itu sudah meluas ke 36 negara bagian. CDC bersama Departemen Kesehatan dan dokter nasional tengah mengidentifikasi dan menyelidiki penyakit misterius itu.

Awal bulan ini, CDC melaporkan bahwa 5 anak telah meninggal akibat wabah tersebut. Tidak ada kematian tambahan yang dilaporkan sejak Februari, dan proporsi pasien yang membutuhkan transplantasi hati telah turun menjadi 9 persen sejak 5 Mei dari 15 persen.

Yamaha Alfa Scorpii

“Mayoritas anak-anak yang sakit telah pulih sepenuhnya,” kata pejabat di Departemen Kesehatan.

Adenovirus yang biasanya menyebabkan penyakit seperti pilek atau flu ringan masih menjadi dugaan penyebab utama. Riwayat infeksi Covid-19 juga masih diselidiki.

Para ilmuwan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa setidaknya ada 429 kemungkinan kasus hepatitis parah yang tidak diketahui dilaporkan di seluruh dunia. Empat puluh kasus tambahan juga menunggu klasifikasi oleh WHO.

Secara keseluruhan, 75 persen kasus terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun atau balita. Di AS, adenovirus telah terdeteksi pada hampir setengah dari anak-anak dan terus menjadi petunjuk yang kuat menjadi penyebab penyakit tersebut.


Para peneliti juga sedang melakukan tes untuk melihat apakah penyakit ini ada hubungan dengan Covid-19. Dan, itu semua masih bersifat hipotesa dari para ahli.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 

 

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com