WABAH CORONA

Brazil Episentrum Corona, Presidennya Malah Asyik Pawai Politik

Internasional | Selasa, 26 Mei 2020 - 12:13 WIB

Brazil Episentrum Corona, Presidennya Malah Asyik Pawai Politik
Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, asyik mengikuti pawai politik bersama pendukungnya di saat 20.000 lebih rakyatnya mati terserang pandemi corona. (AFP/O GLOBO)

BRASILIA (RIAUPOS.CO) - Ulah Presiden Brazil, Jair Bolsonaro semakin menjadi-jadi. Di tengah pandemi corona (Covid-19) yang membeludak di negaranya, dia tetap asyik dengan kepentingan pribadi dan dianggap tak bisa menjadi contoh baik bagi rakyatnya.

Bolsonaro kembali turun ke jalan dan bergabung dalam aksi pawai bersama para pendukungnya pada Ahad (24/5/2020), padahal pasien kasus virus corona di negara itu terus bertambah. Para pendukung Bolsonaro membuang masker dan melanggar imbauan menjaga jarak dalam pawai tersebut.

Bolsonaro tiba di luar area istana kepresidenan di Brasilia dengan masker medis berwarna putih. Namun, dia segera melepas masker untuk menyambut kerumunan yang bersorak-sorai.


Dia berjabat tangan dan merangkul para pendukung, bahkan mengangkat seorang anak laki-laki ke pundaknya. Bolsonaro menyeringai ketika pendukungnya melambai-lambaikan bendera dan berteriak, "Legenda! Orang-orang mendukungmu, Bolsonaro!".

Dilansir AFP, Senin (25/5), aksi itu terjadi ketika Brazil termasuk ke dalam episentrum baru pandemi virus corona di Amerika Selatan. Dengan hampir 350.000 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 22.000 kematian, Brazil kini memiliki jumlah kasus terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).

Para ahli mengatakan, dalam sebuah pengujian kemungkinan angka infeksi sebenarnya jauh lebih tinggi. Bolsonaro juga membandingkan virus corona dengan flu biasa. Dia berpendapat anjuran supaya penduduk tetap berada di rumah sebagai hal yang tidak perlu dan merugikan perekonomian.

Menurut jajak pendapat, meski Bolsonaro memiliki dukungan yang kuat yaitu sekitar 30 persen pemilih, ia menghadapi banyak kecaman atas sikapnya terhadap virus corona.

Dia juga menghadapi penyelidikan yang berpotensi menghebohkan untuk membuktikan apakah ia melindungi keluarganya dari penyelidikan polisi.

Secara mengejutkan pada Jumat pekan lalu, hakim Mahkamah Agung Brazil, Celco de Mello, merilis sebuah video pertemuan kabinet pada 22 April lalu yang kini telah diselidiki oleh penyidik.

Dalam video yang sarat dengan sumpah serapah itu, Bolsonaro beserta para menterinya menghina para gubernur negara bagian yang menerapkan aturan pembatasan kegiatan. Mereka berbicara tentang memenjarakan para hakim MA dan nyaris tidak menyinggung tentang pandemi virus corona.

Pria yang dijuluki sebagai "Trump dari Brazil" itu selalu melanggar pedoman menjaga jarak. Dia menuai kontroversi selama pandemi dengan menghadiri pawai, pergi keluar rumah, menjadi tuan rumah acara barbekyu, dan pergi ke lapangan tembak. 

Sumber: AFP/CNN/Berbagai Sumber
Editor: Hary B Koriun




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  rp-2020-07-16.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com