Tim SAR Sebut Pencarian di Sungai Aaree Bisa sampai 3 Pekan

Internasional | Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:05 WIB

Tim SAR Sebut Pencarian di Sungai Aaree Bisa sampai 3 Pekan
Sungai Aaree di Bern, Swiss, tempat kejadian anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn hilang. (MINA NEWS)


JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern di Swiss masih terus berkoordinasi dengan otoritas setempat terkait pencarian. Emmeril Kahn Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di sungai Aaree di Swiss pada Kamis (26/5).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan, proses pencarian Eril, demikian sapaan karib anak Ridwan Kamil masih akan terus dilanjutkan di sepanjang Sungai Aaree.

Yamaha Alfa Scorpii

"Pencarian masih terus dilakukan, kami memohon doanya. Kita tidak boleh putus untuk berikhtiar, semoga ikhtiar ini menghasilkan yang terbaik," ujarnya melalui jumpa pers daring pada Sabtu (28/5).

Pada pencarian hari ketiga ini, suhu air diperkirakan bakal berada di angka 16 derajat Celsius dengan arus cukup kuat. Pencarian dilanjutkan dengan perahu, drone, tim darat dan tim penyelam.

Soal waktu pencarian, dirinya memastikan tak ada tenggat atau batasan khusus terkait pencarian Eril. Namun demikian, menurut dia yang sudah berbicara dengan pihak terkait di sekitar sungai Aaree, rata-rata pencarian orang hilang di sana memakan waktu paling tidak tiga pekan.

Hal tersebut disampaikan Muliaman merupakan penuturan dari pihak polisi sungai dan tim SAR di wilayah sungai Aaree. Dikatakannya, berdasarkan pengakuan tim penyalamat, kejadian wisatawan hilang terseret arus cukup sering terjadi di sepanjang aliran sungai tersebut.


"Critical time, memang umumnya tiga hari pertama. Namun mayoritas ditemukan dalam tiga pekan. Itu berdasarkan pengalaman polisi sungai di Swiss," terang Muliaman.

Sementara terkait kendala dan tantangannya dikatakan sangat situasional. Tergantung cuaca dan kekeruhan air. "Kendala alam. Menjadi kendala SAR pada umumnya. Tidak ada kendala spesifik selain faktor alam. Yang jelas tim SAR akan berupaya maksimal dalam pencarian Eril," tegas Muliaman.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com