PERTUMBUHAN KURVA EPIDEMIOLOGI TURUN

Di Australia, Tingkat Penularan Corona Melambat

Internasional | Selasa, 31 Maret 2020 - 02:34 WIB

Di Australia, Tingkat Penularan Corona Melambat
Bendera Australia (DOK JAWAPOS.COM))

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Jumlah kasus terkonfirmasi penyakit corona (Covid-19) di Australia telah melampaui 4.000 kasus meski tingkat penularannya menurun secara signifikan.

Menurut data terbaru dari Departemen Kesehatan Australia, hingga Senin (30/3) pagi waktu setempat telah tercatat 4.093 kasus terkonfirmasi corona di Australia.

Angka itu hanya naik 7,4 persen dari 3.809 kasus terkonfirmasi corona pada Ahad (29/3) pagi dan mencerminkan tren yang lebih luas, dengan peningkatan jumlah kasus sekitar 10 persen per hari sejak Kamis (26/3) lalu.


Sebagai perbandingan, selama bulan Maret, jumlah kasus terkonfirmasi corona yang tercatat di Australia naik sekitar 20-25 persen setiap harinya.

Brendan Murphy, Kepala Petugas Medis Australia, pada Ahad malam mengungkapkan bahwa otoritas kesehatan cukup yakin Australia dapat mendeteksi sebagian besar infeksi yang ada karena tingginya tingkat pengujian.

"Kita mengalami pertumbuhan kurva epidemiologi yang agak melambat, namun itu tidak cukup. Kita harus semakin memperlambatnya," tuturnya seperti dilansir Antara dari Xinhua.

Meski terdapat "tanda-tanda awal pelandaian kurva" infeksi, Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt meminta warga Australia untuk tetap waspada.

"Kita harus semakin memperlambatnya dan kita harus menghentikan hal yang paling mencemaskan, yakni penularan di tingkat masyarakat."

"Hal-hal itu membuat kita khawatir karena jika terjadi penyebaran wabah di tingkat masyarakat, maka bisa lebih sulit dideteksi, karena itu kami telah memperluas kriteria pengetesan di area-area itu guna memastikan kami dapat mendeteksi dan mengendalikannya," imbuh sang menteri.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com