WABAH CORONA

Dua Pegawai Positif Covid-19, Puskesmas Kampar Utara Tutup

Kampar | Minggu, 02 Agustus 2020 - 07:06 WIB

Dua Pegawai Positif Covid-19, Puskesmas Kampar Utara Tutup
Spanduk pemberitahuan tutup terpampang di depan gerbang Puskesmas Kampar Utara pada Sabtu (1/8/2020). Puskesmas ini tak akan beroperasi hingga 10 Agustus 2020. (DISKES KAMPAR FOR RIAUPOS.CO)

KAMPAR (RIAUPOS.CO) --  Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kampar mengumumkan penutupan Puskesmas Kampar Utara sejak Sabtu (1/8/2020). 

Hal ini menyusul dua pegawainya di bidang tenaga kesehatan dinyatakan positif Covid-19. Menyusul satu puskesmas sebelumnya, Puskesmas Bangkinang Kota, yang telah lebih dulu tutup akibat hal yang sama.


Terkait penutupan Puskesmas ini, Kepala Diskes Kampar Dedy Sambudi yang juga Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kampar mengatakan, penutupan Puskesmas tersebut sesuai protokol standar penanganan Covid-19.

"Ini sesuai dengan standar penanganan Covid-19. Jadi apabila ada satu pegawai di sebuah puskesmas dinyatakan positif, puskesmas ditutup selama beberapa hari untuk disinfektaninasi dan sterilisasi. Langkah ini juga diambil guna proses tracing dan tracking. Langkah ini adalah langkah pencegahan," sebut Dedy.

Sebelum ini, Puskesmas Bangkinang Kota resmi ditutup didapati salah satu pegawainya dinyatakan positif Covid-19. Setelah dilakukan swab seluruh pegawai dan diisolasi, sekaligus penutupan pelayanan, ditemukan empat pegawai lainnya juga terjangkit. Sesuai jadwal, setelah ditutup sejak 20 Juli 2020 lalu, Puskesmas Bangkinang Kota setidaknya masih belum beroperasi hingga tanggal 5 Agustus 2020.

"Untuk Puskesmas Kampar Utara yang tutup layanan, pelayanan kepada masyarakat untuk sementara waktu dialihkan ke Puskesmas Rumbio Jaya hingga tanggal 10 Agustus 2020 mendatang," sebut Dedy.

Untuk antisipasi penyebaran dari dua pegawai yang terjangkit, seluruh pegawai Puskesmas Kampar Utara, menurut Ded juga sedang dilakukan test swab. Menjelang hasil tes swab keluar, semua pegawai puskesmas tersebut juga diisolasi.

"Penutupan atau penghentian sementara pelayanan kesehatan ini untuk menghindari potensi penyebaran lebih luas. Maka kepada semua petugas yang kini diisolasi Kami minta bersabar dan berbesar hati untuk mematuhi standar penanganan Covid-19 ini, sampai hasil tes swab keluar. Ini penting Kita lakukan untuk memutus mata rantai lebih cepat," terang Dedy.

Laporan: Hendrawan Kariman (Bangkinang)
Editor: Eko Faizin

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com