WABAH CORONA

Bayi 8 Bulan Masuk Daftar 7 Kasus Baru Covid-19 Kampar

Kampar | Selasa, 04 Agustus 2020 - 00:28 WIB

Bayi 8 Bulan Masuk Daftar 7 Kasus Baru Covid-19 Kampar
Dedy Sambudi mendampingi (tengah) mendampingi Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat melakukan sosialisasi protokol kesehatan di Kecamatan Salo, baru-baru ini. (HENDRAWAN KARIMAN/RIAUPOS.CO)

BANGKINANG (RIAUPOS.CO) -- Penularan kasus  Covid-19 awal di Kampar awal pekan ini bertambah 7 orang. Salah satu yang dinyatakan positif adalah bayi yang baru berusia 8 bulan, RFH, yang tertular dari ibunya yang lebih dulu tertular.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kampar Dedy Sambudi malam ini mengatakan, bayi RFH yang berasal dari Kecamatan Kampar Kiri, tertular dari sang Ibu HKS (19) yang dinyatakan positif pada 30 Juli 2020. Bayi itu terdaftar sebagai pasien ke-47 terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kampar.

''Bayi berjenis kelamin perempuan  atas nama  RHF, 8 bulan. Awalnya dilakukan tes rapid pada tanggal 28 Juli 2020 dengan hasil reaktif. Lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan swab di Kota Pekanbaru pada tanggal 2 Agustus 2020 dengan hasil dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Ia tertular dari ibunya yang juga terkonfirmasi positif pada tanggal 30 Juli 2020,'' jelas Dedy yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kampar ini.


Dengan positif RFH dan enam lainnya, secara kumulatif Kampar telah mencatatkan 53 kasus. Per Senin (3/8) malam ini,  31 diantaranya masih dirawat, 21 dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia. Tambahan kasus baru itu juga menambah daftar kasus positif klaster tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di puskesmas Bangkinang Kota. Sehingga total nakes yang terkonfirmasi positif, menurut Dedy sudah mencapai 10 orang.

Selain RFH dan Ibunya Ny HKS, lima pasien lainnya diidentifikasi sebagai Tn S (40) warga kecamatan Gunung Sahilan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. S menurut Dedy memiliki riwayat keluhan demam sejak dua pekan sebelum masuk Rumah Sakit. Dia dinyatakan memiliki keluhan badan menggigil, batuk berdahak, riwayat malaria tiga tahun yang lalu dan hasil dari rontgen juga dinyatakan menderita bronchitis.

Lalu ada Ny E (35)  warga Kecamatan Bangkinang Kota yang saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. E melakukan pemeriksaan tes swab pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19. E disebutkan memiliki kontak erat dari pasien positif sebelumnya, Tn HM (55).

Kemudian kasus positif selanjutnya adalah Ny LRS (40) dari Kecamatan Bangkinang Kota yang dirawat di RSUD Bangkinang. LRS  melakukan pemeriksaan swab di Kabupaten Kampar pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19 merupakan kontak erat dari pasien sebelumnya, Ny RIP (35).

Kasus baru selanjutnya adalah Ny RH (41) dari kecamatan Bangkinang Kota dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Bangkinang. Dirinya Melakukan pemeriksaan swab pada tanggal 29 Juli 2020 dan dinyatakan positif Covid-19, merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya Ny RIP (35).

Selanjutnya adalah  Tn Z (34) dari kecamatan Bangkinang dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.  Z yang melakukan pemeriksaan swab pada tanggal 29 Juli 2020 merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya, HM (55).

Atas masih terus bertambahnya kasus baru ini, Dedy mengimbau masyarakat terus waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan kesadaran penuh. Selain itu, Diskes Kampar menurut Budy juga terus melakukan pengambilan sampel swab sebanyak 70 per hari untuk antisipasi dan pencegahan.
 
''Kami mengimbau semua masyarakat tetap waspada, jangan lengah. Mari Kita disiplin dan patuh melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Selalu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun setiap ada kegiatan di luar dan di tempat umum. Kondisi ini belum diketahui kapan berakhir, sehingga kita dituntut untuk beradaptasi agar bisa hidup produktif dengan situasi new normal namun tetap wajib waspada,'' tegas Dedy.

Laporan: Hendrawan Kariman (Bangkinang)
Editor: Eko Faizin

 




youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-18.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com