BANGKINANG

Prosesi Balimau Kasai Ditiadakan

Kampar | Jumat, 09 April 2021 - 11:12 WIB

Prosesi Balimau Kasai Ditiadakan
Yusri

BANGKINANG (rIAUPOS.CO) -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar secara resmi meniadakan kegiatan resmi pemerintah terkait tradisi menyambut bulan Ramadan, mandi balimau kasai.

Selain itu, Pemkab Kampar juga tidak akan mengeluarkan izin apapun terkait penyelenggaraan Balimau Kasai.


Izin itu tidak akan dikeluarkan, terutama yang menimbulkan keramaian di tepian Sungai Kampar sehari sebelum Ramadan tersebut.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar Yusri. Pria bergelar adat Datuok Bandaro Mudo ini menyebutkan, wilayah Kampar dan Indoensia pada umumnya masih dalam situasi Covid-19, hingga langkah-langkah pencegahan sesuai protokol kesehatan tetap harus didisiplinkan.

"Acara resmi dari pemerintah tidak ada, ini berkaitan dengan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Jadi memang tidak ada agenda resmi pemerintah selama balimau kasai. Kami berharap masyarakat mematuhi imbauan ini," sebut Yusri ketika ditemui di sela-sela acara pelantikan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Kampar pada Rabu (7/4) malam.

Yusri juga menyebutkan, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto juga segera akan membuat surat edaran kepada masyarakat agar tidak berkumpul dan membuat keramaian sehari sebelum bulan Ramadan. Anjuran ini menurut Yusri demi kebaikan bersama, untuk mencegah Covid-19.

"Lebih baik lagi pada hari itu kita menemui orang tua dan sanak-saudara untuk silaturahmi dan saling bermaafan sebelum menjalankan ibadah puasa. Lebih baik juga berziarah kubur orang tua kita, membersihkan dan mendoakan mereka," sebut Yusri.

Namun Yusri tidak menampik, bakal tetap ada keramaian saat momen mandi balimau kasai tersebut. Karena hal itu sudah menjadi tradisi turun temurun yang berusia ratusan tahun. Hinga saat sulit ditinggalkan masyarakat Kampar. Tapi dirinya tetap berharap masyarakat tidak membuat keramaian, sesuai anjuran pemerintah.(kom)

 


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com