WISATA

Jajal Arung Jeram Sungai Kopu

Kampar | Selasa, 13 Juli 2021 - 15:00 WIB

Jajal Arung Jeram Sungai Kopu
Ketua KONI Kampar Surya Darmawan (belakang) sesaat sebelum menjajal arung jeram Sungai Kopu, Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, kemarin. (HUMAS KONI KAMPAR UNTUK RIAUPOS.CO)

BANGKINANG (RIAUPOS.CO) - Ketua KONI Kampar Surya Darmawan melakukan peninjauan terhadap potensi olahraga arung jeram yang ada di Sungai Kopu, Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu pada Ahad (11/7). Menggunakan stelan standar pendayung arung jeram, Surya ikut serta mendayung perahu karet menyusuri Sungai Kopu.

Sungai berair deras ini menyimpan banyak potensi. Selain arung jeram, di sepanjang sungai ini memiliki setidaknya dua air terjun yang langsung jatuh menuju ke sungai. Tebing-tebing berbatu sungai ini juga pada beberapa titik akan mengingkat pengunjung pada destinasi wisata kelas duni Grand Canyon. Sungai Kopu sendiri sering disebut sebagai Mini Grand Canyon di Kampar.


Kehadiran Ketua KONI Kampar Surya Darmawan sendiri bersamaan dengan kehadiran Dara Kuantan Singingi (Kuansing) Imelda lokasi tersebut. Mereka didampingi sejumlah penggemar arung jeram langsung turun ke sungai. Kepala Desa Tanjung Sutomi dan juga Humas KONI Kampar yang juga warga Tanjung Syawal ikut menjajal arung jerang tersebut.

"Kita menyambut antusias potensi olahraga Arung Jeram di Sungai Kapur atau bagi masyarakat Koto Kampar Hulu menyebutnya sebagai Sungai Kopu ini. Semoga destinasi wisata ini maju dan mendapat banyak peminat olahraga arung jeram di Provinsi Riau," sebut Surya Darmawan yang juga masih terhitung sebagai warga Koto Kampar Hulu ini.

Surya berharap, Arung Jeram Sungai Kopu terus dapat dikembangkan potensinya. Apalagi untuk arena Arung Jeram memang sangat langka di Provinsi Riau. Sementara Kampar punya beberapa sungai yang potensial untuk olahraga yang tergolong ekstrim ini. Salah satu yang sudah mulai dilirik adalah sungai Kopu, sungai yang mempertemukan Desa Tanjung dengan Pangkalan yang berada di Sumatera Barat (Sumbar).

Sementara itu, Kepala Tanjung Sutomi menyambut baik kehadiran Surya Darmawan dan beberapa rombongan pada hari itu. Dirinya berharap, semakin banyak yang dapat maka akan semakin banyak orang tahu soal potensi Arung Jeram dan Air Terjun di Sungai Kopu di Desa Tanjung, Koto Kampar Hulu.

Bank BJB

Apalagi saat ini, lanjut Sutomi, Arung Jeram Sungai Kopu sedang berjuang pada ajang Anugeran Pesona Indonesia (API) 2021. Dirinya berharap dukungan masyarakat Kampar dan juga peminat wisata di Provinsi Riau agar Sungai Kopu bisa berjaya pada ajang tingkat nasional tersebut. "Mohon dukungan semuanya, hingga Sungai Kopu menjadi salah satu destinasi wisata Arung Jerang dan Air Terjun di Provinsi Riau," kata Sutomi.(end)

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook





TERBARU



Froozen Food - FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com