WABAH CORONA

Nihil Positif, Kampar Masih Banyak PDP, Berikut Sebarannya

Kampar | Senin, 18 Mei 2020 - 04:25 WIB

Nihil Positif, Kampar Masih Banyak PDP, Berikut Sebarannya
Ilustrasi. (INTERNET)

BANGKINANG (RIAUPOS.CO) -- Masyarakat Kampar boleh bernafas lega. Karena satu lagi pasien positif Covid-19, pasien positif corona terakhir, kembali sembuh. Hal itu mengantarkan Kampar nihil kasus positif Covid-19 saat ini. Namun masyarakat tetap diminta hati-hati. Karena wilayah ini masih memiliki angka Pasien dalam Pengawasan (PDP) cukup tinggi.

PDP di Kabupaten Kampar hingga Ahad (17/5) sekitar pukul 17.30 WIB mencapai 18 orang. Jumlah itu menunjukkan penambahan 2 orang dari sehari sebelumnya. Data dari Gugur Depan Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kampar mencatat, para PDP ini tersebar di 7 kecamatan. Sebaran ini harus diperhatikan serius oleh masyarakat.


Sebarannya, paling banyak berada di Kecamatan Tambang yang masih ada 5 orang, lalu disusul 4 orang dari Siak Hulu. Lalu, masing-masing ada dua pasien di Kecamatan Tapung dan Tapung Hilir. Sisanya masing-masing 1 PDP berada di Kecamatan Perhentian Raja, Kampar Kiri Tengah dan Gunung Sahilan.

Dengan kondisi tersebut, masyarakat diminta tetap hati-hati dan waspada dengan selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker saat keluar rumah, jaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, tetap di rumah bila tidak ada perlu, menjaha jarak sosial, jarak fisik dan menghindari kerumunan. Apalagi Kabupaten Kampar saat ini sudah ditetapkan sebagai Kabupaten yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Wajib hukumnya menerapkan protokol kesehatan. Terutama melihat fakta bahwa masih ada 303 Orang dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Kampar saat ini. ODP ini sendiri sulit untuk diketahui siapa yang bakal naik statusnya menjadi PDP atau suspect corona.

Juru Bicara Covid-19 Budi Sambudi menjelaskan, adapun pasien positif Covid-19 terakhir yang dinyatakan sembuh adalah Pasien 04 berinisial R. Pasien tersebut merupakan warga Tapung Hilir. Jarak waktu saat diirinya ditetapkan sebagai positif Covid-19 dan dinyatakan sembuh cukup cepat. 

''Kalau dulu swab-nya harus ke Jakarta. Kalau sekarang kan langsung di Pekanbaru. Jadi hasil tesnya bisa lebih cepat diketahui,'' sebut Dedi.

Dedi juga mengingatkan masyarakat agar selalu berpedoman pada protokol kesehatan. Sementara itu, bagi masyarakat yang menemukan warga atau tetangga menunjukkan gejala Covid-19, bisa melaporkan ke nomor kontrak darurat terkait Covid-19, di nomor 119. 

Untuk lebih spesifik dan tanggapan cepat wilayah Kampar, bisa telpon PSC Kabupaten kampar yang berpusat di Bangkinang di nomor 0811 7699 119. 

Laporan: Hendrawan (Kampar)
Editor: Eko Faizin




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-08.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com