PEMERINTAHAN

Direktur Dasar Tanoto Foundation Paparkan Program Depan Bupati

Kampar | Selasa, 25 Januari 2022 - 15:30 WIB

Direktur Dasar Tanoto Foundation Paparkan Program Depan Bupati
Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH MH didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar Drs. M Yasir MM menerima kunjungan Direktur Pendidikan Dasar M Ari Widowati dan tim Tanoto Foundation di Kantor Bupati Kampar, Senin (24/1/2022). (DISKOMINFO KAMPAR UNTUK RIAUPOS.CO)

BANGKINANG (RIAUPOS.CO) - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH MH didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar Drs M Yasir MM  menerima kunjungan Direktur Pendidikan Dasar M Ari Widowati dan tim Tanoto Foundation di Kantor Bupati Kampar, Senin (24/1/2022).

Kunjungan dan ramah tamah dan sharing implementasi program Pintar Penggerak di Kabupaten Kampar. 

Yamaha Alfa Scorpii

Catur Sugeng Susanto  mengungkapkan peran Tanoto Foundation dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kampar sangat strategis dalam membantu pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar. 

“Pemerintah Kampar berterima kasih atas peran Tanoto Foundation yang telah turut serta meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya di Kampar,” ujarnya.

 Bupati Kampar mengapresiasi penyelerasan kegiatan yang terus dibangun oleh Tim Program Pintar Penggerak dalam peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan di Kabupaten Kampar.

Catur mengharapkan kerja sama tersebut terus berkelanjutan.
Pada 2021 Tanoto Foundation melalui program Pintar Penggerak ikut dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Kabupaten Kampar menjadi salah satu kabupaten terpilih pelaksana dari program tersebut. 


Dalam implementasi program di tahun pertama, Program Pintar Penggerak sudah melatih, mendampingi, dan menjangkau 662 guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah dari 42 SD dan 25 SMP di 4 Kecamatan Mitra dengan 75 fasilitator daerah Terpilih di Kabupaten Kampar. 

Hal ini turut menjadi apresiasi khusus Direktur Pendidikan Dasar Ibu M Ari Widowati dengan tingkat partisipasi dalam pelatihan 90 persen di Kabupaten Kampar. 

Secara Khusus Direktur Pendidikan Dasar Tanoto Foundation M Ari Widowati menyampaikan melalui kerja sama ini Tanoto Foundation berkomitmen mendukung pemerintah daerah mendorong terciptanya praktik-praktik baik yang telah terbukti meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang akan menjadi model bagi sekolah dan kabupaten lain. 

“Kerja sama ini merupakan wujud gotong royong untuk mewujudkan pendidikan yang mampu menghasilkan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau profil pelajar pancasila beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif," tambahnya. 

Pada pertemuan ini turut hadir serta perwakilan fasilitator daerah (fasda) yaitu 2 orang fasda MBS,1 orang fasda pembelajaran dan 2 orang mewakili Kepala Sekolah Mitra menyampaikan langsung kepada Bupati cakupan kegiatan yang sudah diterima dan diimplementasikan 2021 berupa pelatihan materi pembelajaran, pengelolaan sekolah dan pemantauan sekolah, Pendampingan sekolah, pemantauan dampak/perubahan dan peran serta masyarakat. 

Dalam sesi testimoni implementasi Program Pintar Penggerak di Kabupaten Kampar, Imam Farih SPd Mpd, Kepala SDN 022 Pasir Sialang menyampaikan, bahwa Program Pintar Penggerak Tanoto Foundation membahas hampir seluruh aspek dalam bidang pendidikan, mulai dari manajemen sekolah, proses pembelajaran, keterlibatan orangtua, dan budaya baca.

"Program yang whole package ini sangat bermanfaat bagi dia sebagai seorang kepala sekolah. Di tahun 2022 kami siap mengimplementasikan Program Pintar Penggerak di sekolah kami dan juga menyebarkannya," kata Imam. 

Hal senada juga disampaikan Nelfi Haswitas SPd, Kepala Sekolah SMPN 2 Tapung yang berharap kerja sama tersebut membawa perubahan bagi kepala sekolah dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

 "Program organisasi penggerak ini sangat bisa mengubah mindset kepala sekolah, terutama agar mereka menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, melibatkan semua guru, dan mengajak paguyuban orangtua untuk bersama-sama memajukan sekolah," ujarnya. 

Karena sekolah-sekolah yang dilatih dan didampingi juga akan difasilitasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah, peran serta masyarakat, serta budaya baca. 

Rikson Simanjuntak District Kordinator Pintar Penggerak Kab Kampar menyebutkan, di tahun 2022 Tanoto Foundation akan terus berkomitmen untuk melanjutkan pendampingan kepada seluruh guru.

Rikson menambahkan, serta mendorong upaya diseminasi praktik baik tersebut kepada sekolah nonmitra dan menunjukkan dampak positif dan keberhasilan pelaksanaan Program Pintar Penggerak Tanoto Foundation di Kabupaten Kampar. Aehingga siap diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Kampar untuk mencapai Goal SDGs 4.1 peningkatan hasil belajar siswa berkelanjutan.

 

Laporan: Kamaruddin (Bangkinang)

Editor: E Sulaiman

 

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com