UNTUK NELAYAN KAMPAR

BMKG Berikan Pengetahuan Cuaca

Kampar | Rabu, 27 Oktober 2021 - 10:35 WIB

BMKG Berikan Pengetahuan Cuaca
Anggota Komisi V DPR RI FPKS Dapil II Riau Syahrul Aidi Maazat, Kapus Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, dan Kepala BMKG Stamet SSK II Pekanbaru Ramlan, foto bersama saat pembukaan Sekolah Laporan Cuaca Nelayan di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Bangkinang, Selasa (26/10/2021). (KAMARUDDIN/RIAUPOS.CO)

BANGKINANG (RIAUPOS.CO) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) Bandara SSK II Pekanbaru mengadakan pelatihan Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Bangkinang, Selasa (26/10). Acara ini memberikan pengetahuan kepada nelayan pentingnya informasi untuk meningkatkan hasil perikanan di Kabupaten Kampar.

Hadir saat acara Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan, anggota Komisi V DPR RI FPKS Dapil II Riau Syahrul Aidi Maazat, Kapus Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, Kepala BMKG Stamet SSK II Pekanbaru Ramlan.

Yamaha Alfa Scorpii

Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Maazat menjelaskan,  program BMKG untuk seluruh Indonesia akan mengadakan sekolah lapangan untuk petani dan nelayan. Sudah melakukan sekolah lapangan untuk petani seperti di Siak dan Pelalawan.

"Hari ini (kemarin, red) melakukan sekolah lapangan untuk nelayan di Kabupaten Kampar. Baik nelayan tangkap maupun budidaya harus memiliki pengetahuan tentang cuaca agar bisa memaksimalkan produksi tangkap dan produksi budidaya ikan mereka," jelas Syahrul Aidi.

Living World Pekanbaru

Syahrul Aidi menambahkan, untuk menghindari risiko gagal dari hasil tangkap dan budidaya akibat cuaca.

"Kita menghimpun para petani dan nelayan untuk hadir dalam acara ini agar dapat pengetahuan cuaca. Dengan pengetahuan tentang cuaca ini mereka meminimalisir risiko gagal meningkatkan produktivitas petani dan nelayan. Kami Komisi V DPR bermitra dengan BMKG hadir untuk memberikan dukungan terhadap kegiatan BMKG ini sangat bermanfaat untuk nelayan" jela Syahrul Aidi.


Sementara Kepala BMKG Stamet SSK II Pekanbaru Ramlan menambahkan, untuk memberikan edukasi kepada nelayan bagaimana memanfaatkan informasi cuaca baik nelayan budidaya maupun tangkap.

"Kalau nelayan tangkap untuk sekitar laut tentu dampak untuk keselamatan, kalau untuk nelayan budidaya di danau dan sungai tentunya perlu informasi cuaca untuk pembenihan ikan," jelas­nya.(kom)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  25-mai.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com