PILKADES

Sengketa Pilkades Tanjung, Begini Kata Komisi 1 DPRD Kampar

Kampar | Senin, 27 Desember 2021 - 17:22 WIB

Sengketa Pilkades Tanjung, Begini Kata Komisi 1 DPRD Kampar
Kepala Desa Tanjung, Nasrullah bersama para pendukung saat mengadu ke Komisi I DPRD Kabupaten Kampar, belum lama ini. (KAMARUDDIN/RIAUPOS.CO)

BANGKINANG (RIAUPOS.CO) - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kampar Muhammad Ansar menyebutkan persoalan sengketa Pilkades Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu sudah diteruskan ke pimpinan DPRD.

"Itu urusan kewenangan pimpinan. Kami sudah berikan rekomendasi ke pimpinan dewan. Tanyakan ke pimpinan," ucap Muhammad Ansar, ketika ditanya wartawan, Senin (27/12/2021).

Yamaha Alfa Scorpii

Wakil Ketua DPRD Fahmil mengatakan, keputusan siapa yang akan dilantik sebagai Kepala Desa Tanjung  ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar.

"Tergantung proses di PMD. Sanggahan dari keduanya. Tentu menurut aturan dan regulasi yang sudah ada," ujar politisi PKS tersebut.

Living World Pekanbaru

Soal seperti apa pandangan dirinya terkait kisruh Pilkades Tanjung, kata Fahmil, sudah ia sampaikan saat menerimanya Cakades Nasrullah bersama perwakilan pendukung pada Senin, 20 Desember lalu.

"Sudah dijawab saat mereka datang ke gedung dewan," terang Fahmil.


Sebagai informasi, sebelumnya, calon kepala desa nomor urut 3 Nasrullah bersama pendukung mendatangi DPRD Kampar pada 20 Desember 2021 untuk mengadukan kisruh yang terjadi pada Pilkades Tanjung.

Saat itu, mereka diterima oleh Ketua Komisi I, Muhammad Ansar bersama para anggota, yakni Harsono, Ropii Siregar, Sukardi dan juga Wakil Ketua Dewan, Fahmil.

Setelah mendengar keterangan para pengadu, Komisi I meminta pelantikan Cakades terpilih Desa Tanjung ditunda. 

Rekomendasi Komisi I ini sudah dilaksanakan oleh Pemda Kampar. Pelantikan Cakades terpilih Desa Tanjung tidak dilaksanakan pada 22 Desember. 

Kini, Cakades nomor urut 3, Nasrullah masih menunggu kepastian kapan ia akan dilantik.

Menurut dia, kemenangannya pada Pilkades Tanjung sudah disahkan melalui Pleno Panitia Pilkades Tanjung pada 25 November 2021 lalu.


Laporan: Kamaruddin (Bangkinang)

Editor: E Sulaiman
 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-27.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com