Pegiat Literasi Rohil Antusias Sambut Kenduri Puisi

Kebudayaan | Rabu, 12 Februari 2020 - 19:30 WIB

Pegiat Literasi Rohil Antusias Sambut Kenduri Puisi
Pegiat literasi Rohil, Khudri Anwar (dua dari kanan) sedang berkomunikasi aktif dengan tokoh masyarakat Desa Raja Bejamu, tempat dilaksanakannya Kenduri Puisi. (*1/RIAU POS)

ROHIL (RIAUPOS.CO) -- Jika tidak ada aral melintang, Desa Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rohil akan menjadi tuan rumah Kenduri Puisi XIV yang dilaksanakan Komunitas Seni Rumah Sunting 22-23 Februari mendatang.

Kegiatan rutin dua bulan sekali ini memang selalu melibatkan pegiat literasi, pemuda, seniman, tokoh masyarakat dan warga. Begitu juga dengan di Desa Raja Bejamu ini.

Sejak beberapa hari lalu, tokoh pegiat literasi Rohil Khudri Anwar bersana pekerja seni Atok Al Rakhim Sekha terus menjalin komunikasi aktif dengan masyarakat Desa Raja Bejamu, sampai diputuskan bahwa mereka benar-benar siap menjadi tuan rumah. Bukan hanya menyambut kedatangan seniman dan penyair Riau dari Pekanbaru yang dibawa Rumah Sunting saja, tapi siap turut serta mengisi acara.

Setelah pertemuan aktif tokoh masyarakat dengan pegiat literasi Rohil, akhirnya disepakati berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. Antara lain, penyambutan atau pengalungan bunga langka yang dipetik dari hutan Sinaboi, upacara adat upah-upah di Teluk Gong, makan baselo dan Kenduri Puisi yang diramaikan dengan berbagai pertunjukan seni lokal.

“Alhamdulillah pertemuan dengan tokoh masyarakat Desa Raja  Bejamu berjalan baik dan mereka  semua siap menjadi tuan rumah Kenduri Puisi, siap menyambut rombongan yang dibawa Rumah Sunting dari Pekanbaru, karena Kenduri Puisi ini program Rumah Sunting yang melibatkan masyarakat dalan menumbuhkan literasi seni dan budaya di daerah-daerah. Kami dan masyarakat sangat senang menjadi tuan rumah. Malah sudah tak sabar menunggu tanggal 22 dan 23 Februari itu,'' kata Khudri Anwar yang juga Ketua Yayasan Taslami (Kertas Kalam Negeri) dan Pembina Komunitas Teluk Gong.

Pertemuan Khudri dengan tokoh masyarakat tersebut yakni, Ketua Komunitas Teluk Gong Joko Ms, LAM H Zainal Abidin, Sekdes Desa Kepenghuluan Raja Bejamu Sudirman Y, RY XIV RB Sudirman dan pendiri Persatuan solidaritas Peduli Lingkungan (Persopel) Hamdan.

Sementara itu, Koordinayor Kenduri Puisi XIV Rumah Sunting, Yanda Rahmanto, mengaku sangat berterimakasih atas kerjasama yang baik tersebut. ''Pegiat literasi di Rohil ini sangat luar biasa. Asyik diajak komunikasi dan bersungguh-sungguh. Semoga berjalan lancar sampai hari H,'' kata Yanda.(*1)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com