PEMERINTAHAN

Realisasi Penyaluran Dana Desa di Meranti Tercepat dan Terbesar di Riau

Kepulauan Meranti | Senin, 04 Oktober 2021 - 13:40 WIB

Realisasi Penyaluran Dana Desa di Meranti Tercepat dan Terbesar di Riau
Pj Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kepulauan Meranti Jon Hendri. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Progres penyaluran dan pemanfaatan dana desa di Kepulauan Meranti, masuk dalam kategori realisasi transfer tercepat dan terbesar di Provinsi Riau. Dari Rp96,9 milliar, sebesar Rp74 milliar untuk tahap pertama hingga kedua telah rampung disalurkan. 

Demikian disampaikan Pj Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kepulauan Meranti Jon Hendri kepada RiauPos.co, Senin (4/10/21) siang. 


"Ada tiga tahap. Realisasi saat ini tahap pertama dan kedua sebesar 80 persen rampung. Sisa 20 persen sedang berjalan. Artinya dari Rp96,9 milliar itu sudah kita salurkan dan dimanfaatkan oleh pemerintah desa sebesar Rp74 milliar," ungkapnya. 

Sementara itu, terhadap progres penyaluran tahap tiga sedang berjalan dengan batas akhir Desember 2021. 

"Untuk tahap tiga sudah bisa diajukan pencairan hingga akhir bulan depan. Namun kami masih menunggu kesiapan laporan realisasi tahap sebelumnya dari masih masing pemerintah desa. Saat ini laporan yang kami terima baru tiga desa, yang lain belum," ungkapnya.

Menurut dia, besaran anggaran yang disalurkan tersebut diarahkan untuk pemanfaatan pembagunan reguler, penanggulangan Covid-19 hingga penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat desa yang terdampak. 

Dengan demikian kata dia, realisasi penyaluran dan pemanfaatan dana desa Kabupaten Kepulauan Meranti termasuk yang tercepat dan terbesar di Provinsi Riau. Sehingga, diapresiasi oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Dumai dengan dua penghargaan.

Secara rinci, penghargaan pertama peringkat II terhadap realisasi transfer ke daerah dan dana desa terbesar. Seterusnya peringkat I terhadap pengajuan penyaluran TKDD tercepat di Provinsi Riau.

Bank BJB

"Kedua penghargaan itu diterima oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H M Adil melalui Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Riau, Ismed Saputra SE MM dan Kepala KPPN Dumai, Sukirno awak pekan kemarin,"
 
Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Riau, Ismed Saputra SE MM menyatakan bahwa perkembangan anggaran Kabupaten Kepulauan Meranti tingkat realisasi APBD tertinggi di Provinsi Riau, capaian realisasi sebesar 56.1% dengan realisasi idealnya 60%, sedangkan realisasi dana desa untuk Kabupaten Kepulauan Meranti 79.76℅ .

"Dengan diberikannya ini, semoga Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dapat meningkatkan kinerja dari seluruh instansi di Kabupaten Kepulauan Meranti dan juga dapat mempertahankan untuk tahun berikutnya," ungkapnya.

 

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: E Sulaiman

 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  2021-11-27.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-11-11 10:36:44
Steve Rick Elson Mara, S.H., M.Han Semangat Bela Negara dari Timur Indonesia 11 November 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com