INFRASTRUKTUR

Jalan Poros Meranti Masuk Skala Prioritas 2022

Kepulauan Meranti | Minggu, 06 Juni 2021 - 16:03 WIB

Jalan Poros Meranti Masuk Skala Prioritas 2022
Tahapan pembangunan jalan poros Tebingtinggi Timur yang dikerjakan akhir 2020 lalu. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Sejumlah jalan poros yang tersebar di Kepulauan Meranti masuk dalam skala prioritas 2022 mendatang. Usulan pembangunan dilakukan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) daerah setempat kepada pemerintah pusat. 

Seperti disampaikan Kabid Bina Marga DPUPRPKP Kepulauan Meranti, Fajar Triasmoko MT, kepada RiauPos.co, Ahad (6/6/21) siang, sedikitnya 10 usulan pekerjaan yang diajukan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Republik Indonesia (Kemen -PUPR).


"Yang kita usulkan ada sepuluh kegiatan. Usulan baru kami input sistem informasi perencanaan dana alokasi khusus (DAK) APBN melalui KRISNA (kolaborasi perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran). Sudah kami gesa, karena aplikasi itu ditutup 21 Juni 2021. Tapi dari kita udah rampung," ujarnya. 

Sebelum sampai ke sana, Fajar membeberkan bidangnya telah mengikuti proses verifikasi data teknis jalan daerah tahun 2021 tahap III gelombang II di Tangerang, Banten. Kegiatan itu digelar 27-28 Mei 2021 kemarin. Hasilnya seluruh jalan yang tersebar di daerah setempat kini sudah terverifikasi oleh kementerian tersebut.

Dikatakannya lagi, pelaksanaan kegiatan verifikasi data teknis jalan daerah tahun anggaran 2021 itu sama seperti sebelumnya. Tetap menggunakan aplikasi sistem pengelolaan data base jalan daerah (SIPDJD).

"Sudah terverifikasi. Seperti yang terlampir di aplikasi sistem pengelolaan data base jalan daerah (SIPDJD) mencapai 929.412 Kilometer dengan persentase 65,98 persen mantap dan 34,02 tidak mantap. Sementara itu SK usulan yang masih dalam tahap koreksi panjang total jalan mencapai 1.215,17 kilometer dengan jumlah ruas sebanyak 407 jalan," pungkasnya.

Untuk itu, saat ini pihaknya hanya menunggu sinkronisasi dan harmonisasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kemen PUPR.

Untuk realisasi, kata pria yang juga menjabat sebagai Plt Direktur RSUD Kepulauan Meranti ini, keputusan tetap berada ditangan Kementerian Keuangan RI. "Tapi kita tetap optimis dan semoga Meranti mendapatkan porsi lebih," harapnya.

Untuk diketahui, DPUPRPKP Kepulauan Meranti telah melakukan nomenklatur 10 pembangunan jalan agregat A atau Hot Mix. Diantaranya, Jl. Perjuangan, Jl. Perumbi, Jl. Banglas, Jl. Dorak, Jl. Tj Harapan-Lingkar Dorak, Jl. Sedulur, Jl. Melai-Bantar, Jl. Peranggas-Pelabuhan Pecah Buyung, Jl. Tj Kedabu-Melai dan Jl. Telesung-Tj Kedabu.

 

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: E Sulaimam


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com