RIAU

Belasan Bakal Calon Kades Gagal Maju

Kepulauan Meranti | Jumat, 06 Agustus 2021 - 10:16 WIB

Belasan Bakal Calon Kades Gagal Maju
Saputra Warisa (ISTIMEWA)

KEPULAUAN MERANTI (RIAUPOS.CO) Terdapat 106 orang calon kepala desa sudah ditetapkan dalam tahapan 29 Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Kepulauan Meranti 2021 ini.

Hasil dari tahapan itu pula, sebanyak 12 orang bakal calon lulus seleksi administrasi harus tersingkir, usai mengikuti seleksi tambahan.


Seleksi tambahan itu sempat berlangsung di 4 desa karena memiliki jumlah bakal calon melebihi batas maskimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat. Yakni, lebih dari 5 orang bakal calon.

Demikian disampaikan oleh Plt Kabid Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Meranti, Saputra Warisa kepada Riau Pos, Kamis (5/8) siang.

"Ada 106 bakal calon yang sudah ditetapkan sebagai calon kades di 29 desa. 12 orang tidak berhasil setelah mengikuti seleksi tambahan," ungkapnya.

Pasalnya di dalam aturannya kandidat tidak boleh lebih dari jumlah maksimal yang ditetapkan, yaitu lima orang calon.

Bank BJB

"Dalam aturan setiap desa itu hanya boleh ada lima kandidat yang mencalon. Jika lebih dari kuota yang ditetapkan, seluruh calon dilakukan seleksi kembali oleh panitia pengawas dengan tiga syarat yang sesuai aturan berlaku," ujarnya.

Adapun empat desa tersebut terdiri dari Desa Banglas dengan 10 orang kandidat, Desa Mekong 7 orang, Centai 6 orang, dan Renak Dungun 9 orang bakal calon. Dari jumlah itu, ia mengungkapkan terdapat 12 bakal calon yang tereliminasi.

Untuk seleksi tambahan itu pula, metode penilaian berdasarkan beberapa kriteria dalam menentukan bobot poinnya. Mulai dari pengalaman kerja, tingkat pendidikan, dan tingkat usia.

Menurutnya, tahapan ini sudah menjadi bagian persyaratan yang mutlak bagi calon kades yang akan mengikuti pilkades.

"Tidak ada intervensi dari syarat tersebut. Calon kades yang tidak bisa memenuhi itu terpaksa digugurkan. Artinya nanti dalam proses itu harus ada yang gugur untuk bisa memenuhi calon sebanyak lima kandidat," terangnya.

Setelah penetapan calon, tahapan yang berlangsung juga sudah melewati pengundian nomor urut. Untuk tahapan selanjutnya saat ini seluruh calon akan memasuki masa kampanye mulai pada 10 Agustus 2021 mendatang.

"Dalam tahapan masa kampanye itu pula setiap calon diberi kesempatan selama tiga hari, dan berakhir pada 13 Agustus 2021 mendatang," bebernya.(kom)

Laporan WIRA SAPUTRA, Selatpanjang



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com