IPM Meranti Masih Rendah, Namun Tren Kenaikan Tinggi

Kepulauan Meranti | Kamis, 07 Januari 2021 - 13:24 WIB

MERANTI (RIAUPOS.CO) -- Pemkab Kepulauan Meranti akui jika indeks prestasi manusia (IPM) yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau masih rendah. Namun mereka bangga, jika tren kenaikannya lebih baik dari daerah lain di Riau.

Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Rudi Hasan menjelaskan, jika IPM adalah metode penentuan level pembangunan suatu daerah melalui perbandingan angka harapan hidup, pendidikan dan standar hidup. 

Itu dihitung dari produk nasional bruto per kapita. IPM biasa digunakan untuk menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.
Baca Juga :Wamen ATR/BPN RI Kunker di Riau

"Meranti ini baru 12 tahun dimekarkan sebagai daerah otonomi. Jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Riau apalagi Kota Pekanbaru, tentu Meranti masih tertinggal jauh dari segi angka IPM. Hal itu mengingat sebelum jadi kabupaten daerah kita ini angka IPM-nya sangat rendah sekali. Daerah lain sudah lama membangun, kita baru mulai gencar membangun 10 tahun terakhir. Tentu saja masih banyak keperluan pembangunan belum terpenuhi," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa tidak mudah untuk menaikkan angka IPM tersebut karena diukur dari aspek pembangunan yang sangat sensitif. Namun sejak menjadi kabupaten, lompatan angka IPM Meranti sangat signifikan. 

"Alhamdulillah, IPM kita terus naik dari angka 59,71 poin pada 2010. Sekarang sudah 65,50 poin atau naik 5,79 poin dalam 10 tahun terakhir. Tren kita cukup baik. Kalau dilihat ada kenaikan signifikan dari tahun ke tahun. Memang 2020 ini agak turun sedikit dari 2019 lalu dengan angka di 65,93 poin. Namun hampir semua daerah mengalami penurunan IPM ini diperkirakan akibat dampak Covid19," ungkap Rudi.

Namun tren kenaikan angka IPM Meranti ini menurutnya jauh lebih baik dari Provinsi Riau secara umum. (wir)


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  24-Juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com