KARHUTLA

Pesisir Pulau Rangsang Terbakar

Kepulauan Meranti | Selasa, 07 Juli 2020 - 12:45 WIB

Pesisir Pulau Rangsang Terbakar
Proses penanggulangan oleh tim pemadam dari jajaran Polri di lokasi titik api. (WIRA/RIAUPOS.CO)

 

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) -Pesisir Pulau Rangsang, Kepulaun Meranti, Provinsi Riau, kembali membara. Bahkan jumlah titik api di sana terpantau dominan ketimbang daerah lain. 

 

Kondisi tersebut dipantau dari Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Selasa (7/6/20) siang. 

 

Jumlah titik panas (hotspot) di Provinsi Riau di hari yang sama, sekira pukul 10:34 WIB terpantau 33 titik hotspot yang berada di level confidence di atas 50 persen.

 

Sebaran titik api berada di Pelalawan sebanyak 4 titik, Rokan Hulu 1, Siak 2, Indragiri Hilir 1, Indragiri Hulu 1. Dan jumlah titik api terbesar berada di Meranti, dengan jumlah sebanyak 24 titik. 


 

Lokasinya tepat di Sungai Gayung Kiri, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti. 

 

Keterangan yang dihimpun Riau Pos melalui Kasi Karhutla dan Kecelakaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti, Ekaliptus, kejadian berlangsung sejak kemarin (6/7/20) sore. 

 

Menurutnya titik api berada tidak jauh dari lahan konsesi hutan tanaman industri (HTI) yang dikelola oleh PT. SRL. 

 

"Lokasi api tidak jauh dari PT. SRL, titik sama yang terbakar kemarin. Api Terpantau sejak kemarin sore. Proses pemadaman hingga saat ini masih berlangsung. Namun kondisinya tidak separah malam," ujarnya. 

 

Tersebab titik lokasi berada jauh dari pusat Kabupaten Kepulauan Meranti: Selatpanjang, saat ini jajaran BPBD belum melibatkan diri untuk melakukan penanggulangan. 

 

Dengan demikian, untuk gambaran kondisi di lapangan ia mengarahkan Riau Pos untuk menghubungi pihak kecamatan. 

 

Terpisah, jajaran Pemerintah Kecamatan Rangsang Pesisir Muharayar mengaku tidak memiliki kendala dalam proses penanggulangan. Untuk personil pemadam gabungan dari lintas sektor berjibaku sejak kemarin sore.

 

"Untuk proses pemadaman tak ada kendala. Air yang bersumber dari embung yang dibuat sebelumnya berada tidak jauh dari titik api. Peralatan pemadam cukup. Kemarin sore juga proses pemadaman sempat dibantu oleh waterbombing" bebernya. 

 

"Puluhan personil terdiri dari jajaran Pemcam, Pemdes, polisi, TNI, MPA, dan jajaran perusahan berjibaku lakukan proses pemadaman sejak kemarin sore. Titik api sudah mukai berkurang," tambahnya. 

 

Dari hasil pantauannya di titik lokasi, estimasi sementara tidak kurang 4 hektar yang ludes tergarap api. "estimasi menurut saya hampir lima hektar yang terbakar. Tapi kalau mau jumlah pasti nanti ya. soalnya kita sedang fokus lakukan penanggulangan," ujarnya.

 

Laporan: Wira (Selatpanjang)

 

Editor: E Sulaiman

 

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com