WABAH VIRUS CORONA

Ini Hasil Rapid Test Bupati dan Sekda Kepulauan Meranti

Kepulauan Meranti | Rabu, 08 April 2020 - 10:45 WIB

Ini Hasil Rapid Test Bupati dan Sekda Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Irwan Nasir jalani Rapid Test yang dilakukan langsung oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah setempat.

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Bupati Kabupaten Kabupaten Kepulauan Meranti Irwan Nasir MSi dan beberapa orang jajarannya negatif dari Covid-19. Informasi tersebut diketahui setelah mereka menjalani rapid test.

"Iya semalam kita rapid test. Bupati, Sekda dan beberapa orang jajaran negatif dari Covid-19," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti Fahri Skm kepada RiauPos.co, Rabu (8/4/20) pagi.

Selain Bupati dan jajarannya, Fahri mengungkapkan, disaat yang bersamaan pihaknya juga telah melakukan rapid test kepada ODP yang berdekatan di lima Puskemas. 

Lima Puskemas itu terdiri dari Puskemas Selatpanjang, Puskemas Tanjung Samak, Puskemas Sei Tohor, Puskesmas Alahair dan Puskemas Anak Setatah Kabupaten Kepulauan Meranti. 


"Kita salurkan rapid test kepada lima puskemas itu dengan jumlahnya bervariasi. Tergantung jumlah ODP yang telah menunjukkan gejala. Tapi seluruhnya kita salurkan 960 Pcs. Namun detailnya saya lupa," ujarnya. 

Untuk hasil rapid test di lima Puskemas belum diterima olehnya. Besar kemungkinan hari ini baru bisa dihimpun oleh Gugus Tugas Covid-19 Meranti. 

Untuk persediaan rapid test yang digunakan saat ini berasal dari bantuan Pemprov Riau sebanyak 200 pcs.

Ditanya apakah jumlah rapid test tersebut cukup untuk mengakomodir tes awal bagi seluruh ODP di Kepulauan Meranti? Fahri jawab tidak.

"Ya tak cukuplah. ODP kita saat ini berjumlah 3.747 orang. Sementara yang diterima tidak sampai 300," ungkapnya. 

Menurutnya, jumlah itu akan cukup jika orang yang datang dari daerah terjangkit tidak masuk dalam ODP ketika belum memiliki gejala. Namun Pemprov Riau berkeinginan lain. Semua orang yang datang dari daerah dan negara tetangga diperintahkan masuk dalam kriteria ODP. 

Informasi yang dihimpun sejumlah bantuan Pemprov Riau untuk Dinas Kesehatan terdiri dari, rapid test 8 kotak (isi 20 pcs), Accu Chek Safe T Pro Uno 160 pcs, Selcom C 100 Tablet dan Pehavral 200 kotak (isi 20.000 tablet)

RSUD Meranti juga diterima bantuan yang terdiri dari baju azmat 75 pcs, booth safety 1 pasang, kacamata google 3 pcs, masker N95 : 1 kotak (isi 20 pcs), handscoon 1 box (isi 100 pcs), shower cup (penutup kepala) 1 kotak, dan rapid test  2 kotak (isi 20 pcs).

Terpisah Wakil Bupati Kabupten Kepuluan Meranti, Said Hasyim juga ikut membenarkan. Namun ia mengaku telah berkoordinasi dengan Pemprov Riau dan akan mengirimkan logistik yang sama secara bertahap. 

"Iya tahap pertama dua ratus set. Tapi mereka berjanji akan kembali mengirimkan logistik yang sam,"ujarnya.
 

Laporan: Wira (Selatpanjang)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com