MEDIA SOSIAL

Bupati Meranti Resmi Laporkan Pemilik Akun Facebook ke Polisi

Kepulauan Meranti | Kamis, 09 September 2021 - 22:45 WIB

Bupati Meranti Resmi Laporkan Pemilik Akun Facebook ke Polisi
Plt Kabag Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setdakab) Kabupaten Kepulauan Meranti, Afrinal Yusran. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Selaku pemegang kuasa dari Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti HM Adil, Plt Kabag Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setdakab) setempat, Afrinal Yusran secara resmi melaporkan pemilik akun Facebook (Fb) Firman Alexander kepada Polisi.
 
Laporan itu dilakukan pada Kamis (9/9/2021) sekitar pukul 11:30 WIB siang, di Mapolres Kepulauan Meranti, pasca dilakukannya tahapan diskusi dengan Bagian Hukum Setdakab dan Jajaran Polres Kepulauan Meranti beberapa hari sebelum ini.
 
"Tadi kami buat laporan resmi atas pengguna akun medsos Firman Alexander yang dinilai telah melakukan dugaan pencemaran nama baik bupati terhadap postingannya tempo hari," ujar Yusran kepada Riaupos.co.
 
Bahkan dari hasil diskusi sebelum melayangkan laporan, ia mengganggap  postingan itu terdapat muatan provokasi yang menimbulkan rasa kebencian terhadap individu maupun kelompok.
 
"Indikasi provokasinya kami nilai juga cukup. Karena menyebutkan sejumlah kelompok. Langkah ini juga untuk meminimalisir terjadinya potensi-poten yang tidak diinginkan. Sehingga sama-sama kita jaga agar situasi agar tetap kondusif," ujarnya.
 
Hendaknya, dengan upaya itu dapat menjadi contoh terhadap seluruh masyarakat agar dapat cerdas menggunakan media sosial dan tata menjaga tata krama yang santun.
 
"Seperti quote atau kutipan yang dilontarkan oleh dr Riki Perdana Raya Waruwu, MH (Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas MA) mengatakan jangan korbankan ragamu karena kesalahan dua jempolmu. Untuk itu bijaklah bermedsos," ujarnya.
 
Terpisah Kasat Reskrim Polres Meranti AKP Prihadi Tri Saputra SH membenarkan. Ia mengaku telah menerima laporan tersebut melalui Kabag Humas Setdakab Meranti. "Tadi kami terima laporan resminya " ungkapnya.
 
Untuk proses lanjutan ia mengaku akan memanggil pihak terkait untuk dimintai keterangannya. Memang terhadap pokok perkara yang telah dilaporkan, ia mengaku jika status terlapor sedikit kontra produktif terhadap dinamika politik daerah setempat yang membawa salah satu nama ormas.
 
"Kita sudah mendapat gambaran terhadap apa yang akan dilaporkan oleh Bupati. Ada seseorang menyebutkan Bupati yang mengistimewakan kelompok tertentu dibandingkan kelompok lain. Dalam tanda kutip bahasa tersebut bisa saja memprovokasi pihak pihak tertentu," ujarnya.
 
Adapun barang bukti yang dilampirkan oleh pelapor terdiri dari print out screenshot postingan di akun Facebook terlapor.
 
Diberitakan sebelumnya, Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil berniat ingin melaporkan seorang netizen yang diduga telah mencemarkan nama baiknya di media sosial. Pemilik akun tersebut memposting kekecewaannya dengan mengunggah foto beserta keterangan bupati didampingi anggota salah satu ormas setempat saat berlangsungnya pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (3/9/21) lalu, tidak menggunakan jajaran Satpol PP.
 
Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: Erwan Sani

 
 

Baca Juga :Wisma Diva Pascaoperasi Pekat, Bupati Adil: Jika Perlu Tutup

Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


samsat- Pemkab Meranti




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com