MISRI MINTA DUKUNGAN PLN PASTIKAN PASOKAN LISTRIK

Instalasi Farmasi Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

Kepulauan Meranti | Senin, 11 Januari 2021 - 10:22 WIB

Instalasi Farmasi Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19
Ilustrasi

(RIAUPOS.CO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabu­paten Kepulauan Meranti, telah persiapkan ruang instalasi farmasi sebagai lokasi penyimpanan vaksin Covid-19 jelang didistribusikan oleh Pemprov Riau, mendatang.

Ruang instalasi farmasi tersebut berada di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Jalan Kesehatan, Kecamatan Tebingtinggi. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, dr  Misri Hasanto, Ahad (10/1) sore.


“Sampai saat ini kami belum tau kapan vaksin itu akan didistribusikan. Kabar yang kami terima dalam waktu dekat. Untuk itu kami telah lakukan rangkaian persiapan, salah satunya menyediakan tempat penyimpanan.

Ruang instalasi farmasi milik Dinas Kesehatan sudah memenuhi standar tersebut. Begitu juga dengan wadah, agar suhunya tetap terjaga vaksin akan tetap berada di cold chain vaksin dengan suhu depan hingga dua celcius,” ujarnya.

Semua fasilitas tersebut membutuhkan energi listrik. Selain mempersiapkan genset sebagai pembangkit listrik cadangan, pihaknya juga minta kepada PT PLN Persero dapat memastikan ketersediaan pasokan tanpa kendala.

Saat ini pihaknya juga sedang menyusun skema tahapan vaksinasi yang direncanakan akan berlangsung pada 14 Januari 2021 mendatang.

Dalam anjuran pemerintah pusat selain jajaran forkopimda, vaksinasi perdana juga dilakukan kepada 10 tokoh masyarakat daerah setempat yang masuk dalam kriteria.

“Adapun tokoh yang kami maksud terdiri dari tokoh agama, adat, dan organisasi profesi dan ormas daerah setempat. Saat ini kami sedang susun daftarnya dan diputuskan kembali dalam rapat mendatang,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan SK Tim pelaksana Vaksinasi Covid-19 yang diisi oleh lintas sektor. Sama halnya dengan menerbitkan SK Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“SK tim pelaksana penunjukan tim pelaksana yang terdiri dari seluruh unsur. Sedangkan Sak KIPI yang terdiri dari unsur dokter ahli untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan setelah vaksinasi,” ujarnya.

Terpisah Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti Fahri membeberkan jika jumlah sasaran tahap pertama tidak kurang seribu orang. Diantaranya terdapat 887 orang nakes, tenaga faskes yang melayani vaksinasi Covid-19 dengan dua kali penyuntikan.

Sehingga jumlah vaksin tahap pertama yang akan disalurkan oleh Pemprov Riau sebanyak 1.927 dosis, dengan kelebihan lebih 10 persen sebagai persiapan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kepulauan Meranti.

“Jika tidak ada kendala target vaksinasi akan berlangsung pada 14 Januari 2020 mendatang. Untuk jadwal pendistribusian kami masih menunggu kabar dari Pemprov Riau,” ujarnya.(ksm)


Laporan WIRA SAPUTRA, Meranti

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-01-18.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com