KARHUTLA

Belasan Titik Api Membara di Bekas Lokasi Karhutla

Kepulauan Meranti | Senin, 15 Maret 2021 - 15:32 WIB

Belasan Titik Api Membara di Bekas Lokasi Karhutla
Jajaran Tim Gabungan Satgas Karhutla setempat berjibaku padamkan titik api di Desa Sonde. (KORAMIL 02 TEBINGTINGGI UNTUK RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali merilis 16 hotspot atau titik panas di Kepulauan Meranti, Senin (15/3/21). Dari informasi yang diterima oleh Riau Pos, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda tiga kecamatan yang berbeda. 

Titik dimaksud berada di lokasi bekas karhutla yang padam pasca hujan deras dua pekan lalu. Seperti di Desa Sonde, Kecamatan Rangsang Pesisir, Desa Mekar Delima, Kecamatan Tasik Putri Puyu yang masih menjalani proses pendinginan. 


Bahkan titik lokasi terparah dan masih membara dengan level confidence di atas 70 persen berlangsung di Desa Sungai Gayung Kiri Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Demikian disampaikan oleh Kasi Karhutla dan Kecelakaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti Ekaliptus di hari yang sama kepada Riau Pos.

"Titik api terpantau pertengahan pekan kemarin. Penanggulangan pun telah dilakukan oleh tim gabungan yang tersebar di masing masing titik lokasi," ujarnya. 

Selain BPBD Meranti, tim gabungan yang dimaksud  terdiri dari unsur Polri, TNI, Masyarakat Peduli Api (MPA), jajaran  pemerintah kecamatan dan desa. Termasuk di lokasinya saat ini, Desa Sonde yang masih pendinginan. 

"Kami BPBD masih memperkuat posisi tim gabungan pendinginan di Sonde. Kalau yang di Mekar Delima, tim gabungan dibantu oleh satuan pemadam PT. RAPP. Sama halnya di Sungai Gayung Kiri juga dibantu oleh PT. SRL," ungkapnya.

Berbeda dari sebelumnya, proses penanggulangan kali ini tidak lagi terkendala oleh sumber air. Proses hanya terganjal oleh intensitas angin kencang. "Kalau air banyak. Karena belum lama sini baru dilanda hujan. Kendalanya hanya angin saja," bebernya. 

Sementara gambaran kondisi titik api Desa Sungai Gayung Kiri Kecamatan Rangsang diterima melalui Danramil 02 Tebingtinggi, Mayor Bismi Tambunan. Persisnya lokasi titik api berada tidak jauh dari konsesi HTI yang dikelola PT SRL. 

Saat ini tim gabungan yang dibantu oleh jajaran perusahaan berhasil membuat sekat agar api tidak merambat. "Pihak PT SRL selalu ada, karena sudah merupakan Zona merah bagi mereka.  Jarak api hampir hampir mendekati konsesi. Titik api berada di tengah. Demi keamanan tim, tidak diperbolehkan menerobos, lagipula jauh dari sumber air. Team melaksanakan pendinginan dipinggir sekalian menyekat agar api tidak meluas," bebernya.

 

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com