PULUHAN KADES AKAN AKHIRI MASA JABATAN

Pemkab Meranti Akan Lantik 63 BPD Terpilih Bulan Ini

Kepulauan Meranti | Kamis, 18 Maret 2021 - 13:11 WIB

Pemkab Meranti Akan Lantik 63 BPD Terpilih Bulan Ini
Plt Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kepulauan Meranti, Putra (ISTIMEWA)

MERANTI (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti akan melantik 63 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara bertahap hingga akhir Maret 2021 mendatang.

Demikian disampaikan Pemkab Meranti melalui Plt Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kepulauan Meranti, Putra kepada Riaupos.co, Kamis (18/3/21) siang.


"Bulan ini mulai dilantik. Namun sebelum itu, kami akan berkoordinasi dengan sekretariat untuk melakukan penyesuian jadwal pelantikan 63 BPD dengan kegiatan kepala daerah. Namun target kami bulan ini seluruhnya dilantik," ungkapnya.

Hal itu mengingat 24 April 2021 mendatang, puluhan kepala desa setempat akan mengakhiri masa jabatannya. Dari 96 desa yang tersebar di Kepulauan Meranti, terdapat 29 desa akan melaksanakan tahapan pemilihan kepala desa.

Dengan demikian penunjukan Pj kades juga akan dilakukan pada 24 April 2021 mendatang, dan SK penunjukan dikeluarkan oleh bupati. "Setelah itu kami akan membentuk panitia pemilihan kepala desa tingkat kabupaten dan diikuti oleh pembentukan tingkat desa," bebernya.

Pelaksanaan ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 perubahan kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa. "Peraturan baru menyesuaikan dengan protokol kesehatan," pungkasnya.

Adapun rincian 29 Desa dari sembilan kecamatan di Kepulauan Meranti yang akan melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2021 terdiri dari Desa Banglas, Alahair Timur, dan Sesap Kecamatan Tebingtinggi, yakni

Desa Telaga Baru dan Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat. Desa Gayung Kiri, Gemala Sari, Tanjung Samak, Topang dan Penyagun, Kecamatan Rangsang

Desa Mekong, Tenan, Batang Malas, Kundur, Tanjung Peranap, dan Gogok Darussalam Kecamatan Tebingtinggi Barat. Desa Meranti Bunting Kecamatan Merbau.

Desa Centai, Semukut dan Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau. Desa Lukun, Teluk Buntal, dan Tanjung Gadai Kecamatan Tebingtinggi Timur.  Desa Dedap, Tanjung Padang, dan Bandul, Kecamatan Tasik Putripuyu. Hingga Desa Bungur dan Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir.

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)
Editor: Rinaldi


Pemkab Rokan Hulu

Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com