TRANSPORTASI LAUT

Lonjakan Penumpang Terjadi di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang

Kepulauan Meranti | Rabu, 19 Mei 2021 - 23:02 WIB

Lonjakan Penumpang Terjadi di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang
Kepala KSOP Kelas IV Selatpanjang Capt M Ridha. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

MERANTI (RIAUPOS.CO) - Terjadi lonjakan jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Tanjung Harapan Kabupaten Kepulauan Meranti, di hari kedua pascalarangan mudik Idul Fitri, Rabu (19/5/21).

Kondisi ini juga terjadi seiring beroperasinya armada trayek dari dan tujuan  Kepulauan Riau. Pantauan Riaupos.co, pukul 11.00 WIB kepadatan penumpang tampak menumpuk di terminal pelabuhan hingga dermaga. 


Pihak KSOP Selatpanjang bersama dengan tim gabungan lainnya seperti kepolisian dan dinas perhubungan bersiaga di lokasi untuk melakukan pengamanan hingga pengaturan bagi para penumpang.

Lonjakan jumlah penumpang itu juga diakui oleh Kepala KSOP Kelas IV Selatpanjang, Capt M Ridha. Dia menjelaskan, peningkatan terjadi cukup signifikan.

"Ada peningkatan dan ada beberapa titik-titik yang mengalami keterlambatan kapal yang masuk sehingga ada titik-titik yang mengumpul," ungkapnya.

Walaupun demikian Ridha mengatakan hal tersebut masih dapat diantisipasi dengan melakukan pembagian penumpang di beberapa titik di pelabuhan.

"Ada beberapa cek poin untuk membagi kerumunan masa tersebut," jelasnya.

Menurutnya, penumpang didominasi tujuan Kota Dumai, Pekanbaru, dan Kepri seperti tujuan Tanjungbalai Karimun hingga Batam. Selain itu ada juga penumpang yang menuju Bengkalis dan Buton.

"Kalau yang tiba tidak terlalu signifikan, masih normal. Yang berangkat ini memang ada kenaikan," tuturnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, dirinya mengatakan ada penambahan armada seperti ke Dumai menjadi empat kapal yang siap langsung beroperasi dari Selatpanjang. 

"Kami juga berterima kasih kepada pengguna jasa dan pihak kapal ada yang standby di sini sehingga penumpang langsung naik ke atas kapal, tidak perlu lagi menunggu turun penumpang," tuturnya.

Begitu juga untuk tujuan Tanjung Buton, pihak operator kapal juga telah menyiapkan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan dari sebelumnya hanya empat kapal kini tersedia delapan sampai sembilan armada.

Untuk itu tidak lupa ia mengimbau agar para penumpang tetap melaksanakan protokol kesehatan. Himbauan serupa juga dikampanyekan oleh tim gabungan Kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti.

"Kami dari tim terpadu yang ada di Pelabuhan Tanjung Harapan, kami bisa memilah-milah terkait protokol kesehatan. Memang ada beberapa titik terutama di terminal penumpang, itu juga salah satunya dikarenakan banyaknya pengantar," ujar M Ridha.

Dia mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan dari  TNI dan Polri, khususnya KP3 Pelabuhan. Hal itu, kata dia,  sangat meringankan yang membuat potensi kerumunan bisa diatasi.

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-08-05.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com