KEPULAUAN MERANTI

Pengalihan Operasional Pelabuhan Tj Harapan Menanti Rapat Finalisasi

Kepulauan Meranti | Kamis, 23 September 2021 - 12:30 WIB

Pengalihan Operasional Pelabuhan Tj Harapan Menanti Rapat Finalisasi
Aktivitas bongkar muat penumpang KM Jelatik di pelabuhan sementara Kawasan PT Pelindo Tanjung Harapan. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Hingga kini, jadwal pasti terhadap rencana pemindahan operasional Pelabuhan Domestik Tanjung Harapan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti ke pelabuhan sementara belum diputuskan.

Rencana ini molor dibentur oleh minimnya pilihan pelabuhan alternatif yang representatif. Semula pihak KSOP, Pelindo, TNI dan jajaran Kepolisian sudah melakukan peninjauan terhadap dua titik lokasi yang akan dijadikan pelabuhan sementara. Diantaranya Pelabuhan RoRo Desa Insit dan Pelabuhan Satpolair Polres Meranti.


Namun belakangan kedua pelabuhan tersebut dianggap tidak layak untuk dijadikan sebagai sarana aktivitas dan operasional sandar armada atau angkutan domestik.

Pasca tinjauan tersebut, belum lama ini mereka kembali mencari alternatif lain. Yakni Pelabuhan sandar KM Jelatik, di kawasan Pelindo. Besar kemungkinan pelabuhan itu akan menjadi alternatif terbaik dari lokasi lain, setelah dilakukan tahapan simulasi.

Kepada Riaupos.co Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan, KSOP, Ade Kurniawan tidak menampik dan membenarkan.

"Kita sudah cek bersama layak itu memang di Pelabuhan KM Jelatik. Namun untuk keputusan kapan mulai operasional Tanjung Harapan dipindahkan, ini belum dibahas. Tapi saya pastikan dalam waktu dekat ini akan menggelar rapat finalisasi akhir pekan ini," ujarnya, Rabu (22/9/21) sore.

Bank BJB

Sebelum memutuskan, Ade membeberkan jika pihaknya tetap melalukan koordinasi kepada berbagai pihak. Terutama dalam mempertimbangkan aspek keselamatan para penumpang.

"Kita sudah terima surat dari Pelindo. Saya baca sekilas terkait rencana itu juga. Tapi pastinya dalam waktu dekat segera diputuskan dan akan kita kabarkan," ujarnya.

Seperti diketahui upaya pemindahan operasional Pelabuhan Domestik Tj Harapan dilakukan dampak dari kondisi dermaga yang dinilai sudah tidak layak dan harus segera direvitalisasi.

Terlebih beberapa pekan lalu, tiga tiang pancang pelabuhan domestik ambruk dan menyebabkan kerusakan di sejumlah sudut. Menjelang proses perbaikan maka diputuskan untuk dilakukan pengalihan operasional seluruh armada ke pelabuhan sementara.

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)
Editor: Erwan Sani



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com