PENDIDIKAN

Pemetaan Guru PNS Meranti Rampung, Mutasi Dominan dalam Kecamatan

Kepulauan Meranti | Selasa, 25 Januari 2022 - 12:37 WIB

Pemetaan Guru PNS Meranti Rampung, Mutasi Dominan dalam Kecamatan
Sejumlah murid SDN 2 Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Kepulauan Meranti ketika mengikuti belajar tatap muka terbatas belum lama ini. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Proses pendataan penempatan guru merata hingga pelosok desa, di Kabupaten Kepulauan Meranti, telah selesai dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. 

Proses tersebut menindaklanjuti atensi Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH, untuk memenuhi sekolah yang masih kekurangan Guru PNS di sana.

Yamaha Alfa Scorpii

Demikian disampaikan oleh Pj Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti Bambang Suprianto SE MM, kepada Riau Pos, Selasa (25/1/2022) siang. 

"Maping atau pemetaan seluruh Guru PNS tingkat SD dan SMP yang tersebar di Kepulauan Meranti telah rampung. Kalau tidak silap dari kabar yang saya terima, pemetaan itu rampung akhir pekan kemarin oleh Dinas Pendidikan," ungkapnya. 

Menurutnya proses pemetaan itu tidak hanya dilakukan oleh dinas terkait, melainkan, juga melibatkan koordinator dan pegawas pendidikan di lapangan. 

Hasilnya seperti dibeberkan Bambang, akan ada Guru PNS di beberapa wilayah yang akan bergeser. "Ada yang bergeser. Tapi tidak juga seluruhnya. Yang dinilai patut untuk digeser ya kita geser," ujarnya. 


Walaupun demikian, ia belum mau mengungkapkan jumlah pasti terhadap Guru PNS yang terancam akan dimutasi. "Jumlah nanti ya, kalau SK mutasi rampung ya," tutur Bambang.

Namun ia menegaskan, dan berharap seluruh guru di Kepulauan Meranti untuk tidak khawatir. Karena pergeseran dominan dalam kecamatan. Kalaupun ada di luar kecamatan, lokasi penempatan tidaklah berjauhan dari sekolah sebelumnya. 

"Dominan pergeseran dalam kecamatan. Jikapun ada antar kecamatan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Misalnya, jika yang bersangkutan semula bertugas di kota, kemungkinan besar hanya akan bergeser di Tebingtinggi Barat," ungkap Bambang. 

Diberikan sebelumnya, setelah mendengar keluhan dari sejumlah kepala sekolah yang merangkap tugas dampak kekurangan jumlah guru, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil memberikan perintah kepada dinas teknis untuk melakukan rotasi besar-besaran. 

Tak tanggung-tanggung 1500 orang guru yang berstatus PNS dievaluasi untuk dimutasi. Tentunya langkah itu sebagai upaya pemerataan guru hingga ke pelosok negeri. 

Ia tidak mau ada lagi yang guru menumpuk di kota, sementara di desa masih kekurangan guru. Tentunya kebijakan ini menurutnya memuluskan program steategisnya menuju Meranti Cerdas. Hendaknya nilai pendidikan Meranti naik tingkat dalam Ujian Nasional (UN) dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.(Wir)


Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: E Sulaiman

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com