PENDIDIKAN

Gesa Diklat Cakep isi Kekosongan Puluhan Kepala Sekolah di Meranti

Kepulauan Meranti | Senin, 25 Oktober 2021 - 15:01 WIB

Gesa Diklat Cakep isi Kekosongan Puluhan Kepala Sekolah di Meranti
Sejumlah murid SDN 2 Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Kepulauan Meranti ketika mengikuti belajar tatap muka terbatas belum lama ini. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti masih terkendala oleh minimnya calon kepala sekolah yang memiliki kompetensi. Sehingga jabatan kepala sekolah (kepsek) di daerah setempat dominan dipimpin oleh pelaksana tugas. 

Kondisi ini telah berlalu lama, dan masih mewarnai puluhan sekolah dasar hingga menengah pertama yang tersebar di daerah setempat. 


Demikian disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti, Sukirno kepada Riau Pos, Senin (25/10/21) siang. 

Menurutnya penempatan pelaksana tugas sebagai kepala sekolah terpaksa dilakukan untuk mengisi kekosongan pejabat kepala sekolah definitif jelang memiliki calon yang dinilai layak sesuai dengan aturan berlaku. Adapun syarat yang dimaksud adalah sertifikat cakep. 

"Untuk menjadi calon kepala sekolah definitif harus memiliki sertifikat calon kepala sekolah (Cakep). Kebanyakan itu yang belum," ungkapnya. 

Upaya untuk menggelar Diklat Cakep telah lama menjadi agenda prioritas oleh pemerintah daerah setempat. Namun niat itu selalu terbentur oleh minimnya kemampuan keuangan. 

Namun untuk perubahan atau penyesuaian tahun anggaran 2021 ini pihaknya kembali mengusulkan kegiatan tersebut. Jika memang diakomodir diklat itu melalui Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) pada akhir tahun ini. 

"Kami sudah usulkan di anggaran perubahan. Saat ini kami sedang menunggu DPA keluar," ungkapnya. 

Bank BJB

Adapun jumlah formasi yang diusulkan untuk 100 orang guru, mukai dari tingkat dasar hingga menengah pertama. Rincinya 170 untuk guru sekolah dasar dan 80 untuk menengah pertama.



Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: E Sulaiman




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  1-DESS.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-01 11:18:12
RUBAIDA ROSE guru MA Ponpes Nurul Islam Kampung Baru Kuantan Singingi Redefinisi Makna Belajar buat Guru 01 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com