WABAH VIRUS CORONA

Antisipasi Corona saat Libur Panjang, Pemkab Meranti Perketat Pengawasan 

Kepulauan Meranti | Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:20 WIB

Antisipasi Corona saat Libur Panjang, Pemkab Meranti Perketat Pengawasan 
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti Kamsol dan Kadiskes dr Misri beserta sejumlah jajaran menyosialisasikan 3M di tempat keramaian. (WIRA SAPUTRA/RIAUPOS.CO)

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Meranti pantau lonjakan pendatang selama libur panjang atau cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.

Untuk memantau kedatangan warga dari luar daerah, gugus tugas akan melibatkan pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti dr Misri kepada RiauPos.co, Selasa (27/10/20) siang. 


Menurutnya, pengetatan pengawasan perlu dilakukan. Karena libur panjang selama 28 Oktober hingga 1 November akan berdampak pada peningkatan jumlah pendatang luar daerah masuk ke Meranti. 

"Meranti masih diwarnai oleh keberadaan pasien terkonfirmasi yang masih menjalani perawatan. Walaupun jumlahnya masih cukup rendah ketimbang daerah lain di Riau. Namun wajib diantisipasi," ujarnya. 

Pengawasan dilakukan dengan cara mendata dan mengawasi apabila ada pendatang. Mereka wajib memenuhi syarat sehat sebelum berkontak dengan keluarga dan orang sekitar.

"Jangan sampai terjadi penularan mengingat tingkat risiko Covid-19 di Meranti cukup besar," lanjutnya.

Walaupun demikian ia mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M dengan cara memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. 

Para pendatang tetap wajib melakukan protokol kesehatan dengan melapor pada petugas. Apabila ada temuan dalam keadaan sakit maka harus segera meminta penanganan medis.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Meranti Kamsol mengingatkan, kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) meningkatkan protokol kesehatan saat libur panjang nanti. "Imbauan kami ASN tidak pergi keluar kota. Kami berharap mereka bisa menahan diri untuk keluar atau liburan di luar," ujarnya. 

Hendaknya ASN tetap menjaga agar tidak tertular virus corona. Sebab sudah banyak ASN Kabupaten Kepulauan Meranti yang tertular virus corona.

Salah satu bentuk menjaga diri agar tidak terjadi penularan yakni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: E Sulaiman

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. Riaupos.co mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Ingat pesan Ibu, selalu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak serta hindari kerumunan.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook





EPAPER RIAU POS  2020-11-24.jpg

loading...
PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com