Jilatan Api Karhutla Sekitar 40 Meter Lagi dari Rumah Warga

Kepulauan Meranti | Jumat, 28 Agustus 2020 - 18:36 WIB

Jilatan Api Karhutla Sekitar 40 Meter Lagi dari Rumah Warga
Tim gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, BPBD dan warga setempat lakukan proses pendinginan titik api yang muncul di Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat (28/8/20) siang.(TIM FOR RIAUPOS.CO)

MERANTI (RIAUPOS.CO) - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dekat dengan permukiman warga Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, berlangsung Jumat (28/8/20) siang.

Tempat kejadian, semak belukar dan kebun sagu milik warga. Jarak titik api yang terdekat dengan permukiman warga sekira 40 meter. 


Beruntung kebakaran yang berlangsung sejak pukul 14.00 WIB tersebut, dapat ditanggulangi oleh tim pemadam gabungan dari Polisi, TNI, BPBD dan warga setempat. 

Demikian disampaikan oleh Kasi Karhutla dan Kecelakaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti, Ekaliptus kepada Riau Pos. 

"Titik api terpantau sekira pukul dua siang tadi. Lahan semak belukar. Namun tim pemadam sempat kewalahan karena jarak titik api terdekat dengan permukiman warga hanya kurang lebih empat puluh meter saja," ungkapnya. 

Selain itu, dalam proses penanggulangan titik api itu juga mereka sempat terkendala dengan sumber air. Sehingga, mereka terpaksa menggunakan air asin. 

"Sempat bingung juga, karena titik api tidak jauh dari sungai Desa Insit, makanya kita pakai air di sungai itu. Ya Air asin," tambahnya. 

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Namun proses pemadaman berhasil dilakukan oleh mereka. Sekira pukul 16.00 WIB, penanggulangan masuk pada proses pendinginan. "Sekarang tinggal pendinginan saja. Mudah mudahan sebelum magrib proses pendinginan rampung dan tim bisa kita tarik kembali" ujarnya.

Laporan: Wira Saputra (Selatpanjang)

Editor: Eka G Putra








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-11-26.jpg

loading...
PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com