Momentum Kebangkitan Pemuda Asal Meranti

Kepulauan Meranti | Selasa, 29 Oktober 2019 - 14:03 WIB

Momentum Kebangkitan Pemuda Asal Meranti
SERAHKAN PENGHARGAAN: Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim didampingi forkopimda menyerahkan penghargaan kepada para pemuda berprestasi pada saat apel Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019).(HUMAS PEMKAB KEPULAUAN MERANTI)

KEPULAUAN MERANTI (RIAUPOS.CO) -- Sebagai generasi milenial atau pemuda Indonesia merupakan salah satu tonggak yang paling kuat dalam pondasi Indonesia. Peran pemuda bagi kemerdekaan sangatlah penting.

28 Oktober 1928, tercetuslah sumpah yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia, yaitu sumpah pemuda. Lahirnya sumpah pemuda adalah dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan antarorganisasi kepemudaan.


Awal perjuangan  para pemuda Indonesia memprakarsai sumpah pemuda 1928 adalah berdirinya Budi Utomo. Pada saat itu bangsa Indonesia khususnya pemuda Indonesia mulai bangkit.

Agar semangat kebangkitan itu tidak kunjung padam, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupa maksimal dalam mendorong peran pemuda tempatan untuk menjadi pelopor tauladan atas kebangkitan bangsa.

Lagi. Langkah tersebut menggelora. Tepat di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Jalan Dorak, semua organisasi kepemudaan gelar apel dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91. Apel tersebut dimotori oleh Pemda setempat, Senin (28/10) pagi.

Apel dipimpin Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim. Turut hadir sebagai peserta Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM, anggota DPRD Kepulauan Meranti, Danramil Selatpanjang Mayor Inf Irwan, Danposal Selatpanjang Lattda Laut Jerry Hendra, Asisten I Sekdakab Syamsuddin SH MH dan jajaran pejabat eselon II di lingkungan pemkab, Kabag Humas dan Protokol Herry Saputra SH, jajaran pejabat eselon III, PNS, non PNS, hingga belasan ormas dan OKP.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera yang dilanjutkan dengan pembacaan Teks UUD 1945 dan Ikrar Pemuda 1928 oleh pemuda-pemudi Meranti berpakaian adat, sebagai presentasi peserta kongres ketika itu Young Java, Slebes, Sumatera, Sulawesi, Aceh, Batak, Perhimpunan Pelajar Indonesia dan lainnya.

Mengawali amanatnya Wakil Bupati Meranti H Said Hasyim mengucapkan selamat kepada seluruh pemuda khususnya di Kepulauan Meranti. Ia menyadari nasib masa depan bangsa ini ke depan berada di tangan pemuda. Untuk itu Said Hasyim mengajak kepada seluruh pemuda dan pemudi terus menggelorakan semangat juang pemuda terdahulu.

"Mari terus gelorakan semangat juang para pemuda pejuang bangsa, jadilah tauladan dan pelopor kebangkitan bangsa," ujarnya.

Selanjutnya dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh pemuda tempatan dibidang olahraga maupun bidang lainnya, menurutnya adalah sebagai  tanda pemuda Meranti memiliki potensi yang besar dan tak kalah hebat dibanding pemuda lainnya di kota-kota besar.  "Ini bukti pemuda Meranti tak kalah hebat dibandingkan pemuda lainnya di kota besar," ucapnya.

Selanjutnya dia membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainuddin Amali sempena Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini. Menurutnya, sumpah pemuda kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju".(adv)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com