PT SRL Siapkan Reward Rp 100 Juta, dalam Program Desa Bebas Api

Kepulauan Meranti | Kamis, 30 Desember 2021 - 11:59 WIB

PT SRL Siapkan Reward Rp 100 Juta, dalam Program Desa Bebas Api
Direktur PT SRL, Yudi Febrian menandatangani MoU Desa Bebas Api disaksikan oleh Kadis DLH, Kepala KPH Tebing Tinggi, Sri Irianto S.Hut, MM, Camat Rangsang Pesisir Musnawi M.Ag, dan Kepala Desa Telesung, Bungur, Tanjung Kedabu, dan Ketua LSM Payung Serantau. (PT SRL FOR RIAU POS)

(RIAUPOS.CO) - PT Sumatera Riang Lestari (SRL) Blok V, sebuah perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang beroperasi di Pulau Rangsang, menandatangani nota kesepahaman Desa Bebas Api (Free Fire Village) dengan tiga desa di Kecamatan Rangsang Pesisir. Ketiga desa tersebut adalah Desa Bungur, Desa Telesung dan Desa Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Meranti, Provinsi Riau.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Meranti, Selat Panjang, pada Selasa 28 Desember 2021.

Yamaha Alfa Scorpii

Nota kesepahaman yang diinisiasi oleh PT SRL tersebut bertujuan untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Meranti, khususnya di Kecamatan Rangsang Pesisir.

Jika ketiga desa mampu menjaga arealnya bebas dari kebakaran hutan dan lahan selama periode yang disepakati maka, desa akan mendapatkan reward sebesar seratus juta Rupiah dalam bentuk pembangunan fisik. Selain itu akan diberikan juga bantuan pembukaan lahan tanpa bakar seluas 10 Ha dan fasilitas crew leader di masing-masing desa.

Living World Pekanbaru

Direktur PT SRL, Yudi Febrian dalam sambutannya menyebutkan bahwa Karhutla merupakan bencana multi kompleks yang harus di tanggulangi dengan sinergitas lintas sektor. Oleh sebab itu, dalam mensukseskan program Desa Bebas Api ini, PT SRL bermitra dan berkoordinasi dengan masyarakat desa, kecamatan, dinas terkait, TNI dan Polri, dengan harapan agar dapat mewujudkan zero fire di Kecamatan Rasangsang Pesisir, khususnya di tiga desa tersebut.

Yudi menambahkan bahwa sebelumnya PT SRL juga telah menjalankan program yang sama di Desa Tanjung Medang dan Desa Gayung kiri, kecamatan Rangsang. Di kedua desa tersebut terjadi penurunan angka kebakaran secara signifikan dibandingkan tahun tahun sebelum mengikuti program Desa Bebas Api.


Kami menyadari program ini masih belum sempurna, oleh sebab itu kami dengan senang hati akan menerima masukan dan saran demi perbaikan program ini kedepannya. Kami juga mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan program Desa Bebas Api PT SRL sejak dimulai beberapa tahun lalu, kata Yudi diakhir sambutannya.

Camat Rangsang Pesisir, Musnawi M.Ag menyampaikan apresiasi atas program Desa Bebas Api  PT SRL.

Kami mengapresiasi program yang digagas perusahaan.  Kewaspadaan dan kesiapan masing masing pihak harus dibangun sejak dini. Kesediaan peralatan dan koordinasi yang baik sangat dibutuhkan agar Karhutla dapat di cegah sejak dini sehingga zero fire dapat terwujud.

Wakapolsek Rangsang, Ipda Daniel Bakkara menghimbau masyarakat termasuk perusahaan yang beroperasi di Rangsang agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Karena selain dapat menimbulkan kerusakan lingkungan, pembukaan lahan dengan membakar juga dapat dijatuhi pidana.

Sementara itu, Danramil 02/Tebing Tinggi, Mayor Infanteri Suratno mengatakan merubah kebiasaan dan cara pandang masyarakat adalah tugas yang berat. Sosialisai dan koordinasi lintas sektor seperti yang dilaksanakan dalam program desa bebas api oleh perusahaan menurutnya sudah sangat baik jika dapat dilaksanakan secara maksimal.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Meranti, Drs. H. Irmansyah M.Si juga mengapresi dan mengucapkan terimakasih atas dedikasi baik secara moril dan materil yang diberikan oleh perusahaan. Semoga reward yang diberikan perusahaan dapat memotivasi dan memberikan semangat kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitarnya bebas dari Karhutla, sehingga cita cita kita bersama untuk meranti zero fire dapat terwujud, pungkas Irwansyah.(rls/rio)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-28.jpg

Miyako

Rinnai

Shimizu




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com