KESEHATAN

Cegah Hipertensi Lewat Diet Garam

Kesehatan | Senin, 02 November 2020 - 19:06 WIB

Cegah Hipertensi Lewat Diet Garam

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Salah satu penyakit yang membayangi usia muda adala hipertensi. Untuk itu, cobalah mulai mengonsumsi makanan sehat dan melakukan diet rendah garam. Misalnya dengan mengganti garam dengan bahan atau rempah lainnya yang lebih aman.

Ahli Gizi Prof Dr Ir Ahmad Sulaeman MS CHt yang juga Guru Besar Bidang Keamanan Pangan & Gizi di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, menilai, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini masyarakat Indonesia sangat khawatir dengan kelompok komorbid. Kondisi penyakit degeneratif, seperti hipertensi begitu rentan dan dapat mempengaruhi proses pemulihan jika tertular.


Menurut Prof Ahmad Sulaeman, sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi risiko hipertensi. Mulai dari jalankan gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur serta hindari kebiasaan merokok dan minuman alkohol. Hingga yang cukup kompleks dengan menjalankan Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Namun, juga bisa mengurangi asupan garam atau diet rendah garam, sebagai salah satu upaya yang esensial dan cukup mudah dilakukan untuk mengurangi risiko hipertensi.

''Untuk menyiasati pengurangan asupan garam atau diet rendah garam, kita dapat mengganti penggunaan sebagian garam dengan bumbu umami seperti MSG yang akan memberikan dampak positif lainnya,” katanya dalam Webinar ‘Salt Reduction Strategy to Reduce the Risk of Hypertension’.

Jadi, jika tetap ingin makanan yang dikonsumsinya memiliki cita rasa yang tinggi, namun sekaligus ingin diet rendah garam juga, cara ini bisa dilakukan. Dan tetap selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebab kebutuhan setiap gizi seseorang berbeda.

“Faktanya, strategi ini juga dapat meningkatkan sistem imun kita dan melimdungi masyarakat kelompok rentan terutama dengan hipertensi,” ungkap Prof. Ahmad.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  19-juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com