Pasien Positif C19 Isolasi Mandiri Harus Dipantau Sekali Sehari

Kesehatan | Sabtu, 05 Juni 2021 - 13:03 WIB

Pasien Positif C19 Isolasi Mandiri Harus Dipantau Sekali Sehari
Juru bicara Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi. (DOK.RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri karena berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) tetap harus dilakukan pemantauan minimal sekali dalam sehari. Hal tersebut harus dilakukan untuk mengetahui secara berkala kondisi pasien tersebut.

Juru bicara Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan, pemantauan terhadap orang yang menjalani isolasi mandiri tersebut harus dilakukan oleh petugas puskesmas setempat atau minimal perangkat RT RW. 


"Petugas puskesmas atau RT RW yang dilingkungannya ada orang yang menjalani isolasi mandiri harus dipantau minimal sekali sehari," kata dr Yovi, Sabtu (5/6/2021).

Dikatakan dr Yovi, pemantauan yang dilakukan tidak hanya dilakukan melalui sambungan telepon saja. Namun harus dipantau langsung untuk mengetahui perkembangan kondisi pasien.

"Jika merasa ragu dengan kondisi pasien maka di informasikan kepetugas kesehatan yang berwenang diwilayahnya yaitu dokter puskesmas, kalau tidak bisa juga menghubungi dinas kesehatan setempat," ujarnya.

Disebutkan dr Yovi, pemantauan tersebut penting dilakukan karena beberapa waktu lalu ada pasien positif Covid-19 yang ketika menjalani isolasi mandiri meninggal dunia dirumahnya.

"Kemungkinan pasien itu kondisinya memburuk dan tidak diketahui oleh tim medis sehingga tidak bisa segera dirawat kerumah sakit," ujarnya.

Laporan: Soleh Saputra (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-08-05.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com