MINUMAN

Ternyata Minum Kopi Ampuh Tingkatkan Jumlah Langkah Harian

Kesehatan | Senin, 06 Desember 2021 - 19:00 WIB

Ternyata Minum Kopi Ampuh Tingkatkan Jumlah Langkah Harian
ILUSTRASI (INTERNET)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Rutin minum kopi terbukti mampu meningkatkan fisik tubuh menjadi lebih aktif dan sehat. Hal itu diukur berdasarkan jumlah langkah harian. Orang yang rutin minum kopi mampu meningkatkan langkah harian hingga 1.000 langkah dalam sehari.

Akademisi dari University of California menyebutkan orang yang secara teratur mengonsumsi kopi memiliki jumlah langkah harian yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Mereka menemukan bahwa orang yang sering minum minuman berkafein tinggi menyelesaikan 1.000 langkah lebih banyak per hari dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi.


Tim peneliti memeriksa 100 peserta selama dua minggu untuk menilai rata-rata konsumsi kopi, pola tidur, dan kesehatan mereka secara keseluruhan. Teh hijau dan kopi diyakini mengurangi risiko kematian di antara pasien diabetes tipe 2.

“Mereka berjalan 1.000 langkah lebih banyak daripada pada hari-hari ketika mereka tidak mengonsumsi kopi,” kata peneliti.

Menurut temuan, untuk setiap cangkir kopi standar, langkah harian peserta meningkat 600. Selain itu, para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi kopi secara teratur menurunkan waktu tidur peserta lebih dari 30 menit.

“Kopi adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Sementara sebagian besar studi observasional jangka panjang telah menyarankan beberapa manfaat potensial dari minum kopi, ini adalah uji coba acak pertama yang menyelidiki konsekuensi fisiologis real-time dari konsumsi kopi,” kata penulis utama penelitian, Gregory Marcus.

Selama uji coba, para peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan hanya satu kelompok pada satu waktu yang diizinkan untuk minum kopi. Lalu dr. Marcus dan timnya memeriksa para peserta melalui berbagai perangkat yang berbeda, seperti monitor EKG perekaman konstan, sensor yang dikenakan di pergelangan tangan, dan perangkat untuk mengukur kadar gula darah.

Bank BJB

Setiap peserta juga harus mengisi survei harian untuk berbagi asupan kopi mereka setiap hari. Konsumsi kopi saat sore hari sebelum berolahraga mempercepat penurunan lemak.

“Lebih banyak aktivitas fisik, yang tampaknya didorong oleh konsumsi kopi, memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti pengurangan risiko diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker, dan dikaitkan dengan umur panjang yang lebih panjang,” kata dr. Marcus.

Studi ini dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika 2021. Dan catatan yang harus diperhatikan, jangan tambahkan gula pada kopi atau sehat untuk pasien diabetes.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB THAWALIB 2022

TERBARU


EPAPER RIAU POS  2022-01-17.jpg


OPINI

Atan Sengat 2022-01-04 08:46:19
Chaidir (Tokoh Masyarakat) Welcome Home Irjen Iqbal 04 Januari 2022



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com