WASPADA DAN JAGA KEBERSIHAN LUAR DALAM MOBIL

Ini Bagian Mobil yang Berpotensi Bersarangnya Virus Covid-19

Kesehatan | Jumat, 20 Maret 2020 - 03:15 WIB

Ini Bagian Mobil yang Berpotensi Bersarangnya Virus Covid-19
Interior mobil yang harus sering dibersihkan dari virus dan bakteri. (DOK JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Dalam menghidari tertularnya virus sudah seharus kita melakukan pola hidup yang selalu bersih, apalagi saat ini wabah virus corona makin meluas. Pola hidup bersih juga termasuk penerapannya dilakukan pada kendaraan pribadi Anda khususnya roda empat.

Setiap saat harus waspada dan terus menjaga kebersihan luar dalam mobil dan sudah suatu keharusan membuat kabin mobil selalu bersih. Seperti dijelaskan Direktur Operasi di Pusat Uji Auto Consumer Report, Jennifer Stockburger, setidaknya ada 10 bagian mobil yang berpotensi menjadi tempat bersarangnya kuman, bakteri, termasuk virus jahat seperti virus corona atau Covid-19.


"Bila Anda atau orang lain yang pernah berada di dalam mobil Anda, menunjukkan gejala penyakit (sebab virus corona-Red), Anda harus membersihkan permukaan yang sering disentuh," ungkap Jeniffer, seperti dilansr dari laman Consumer Reports.

Bagian mobil yang berpotensi bersarangnya virus atau bakteri yaitu door handle (pegangan pintu luar), area setir, tuas transmisi, tombol-tombol konsol tengah, panel layar sentuh area sekitar head unit. Lalu tuas lampu sein, tuas penggerak wiper, arm rest (sandaran lengan) pengemudi dan penumpang, pegangan pintu dalam, dan tuas pengatur posisi jok.

Sebagai langkah pencegahan, bagian-bagian tersebut perlu rutin dibersihkan. Cukup sederhana dan sangat mudah untuk membersihkannya, seperti Anda dianjurkan cuci tangan selama 20 detik, cara yang sama berlaku saat membersihkan mobil namun hanya di lap saja. Cairan pembersih yang mengandung sabun itu perlu bertahan beberapa saat sebelum dibilas.

Membersihkan interior mobil dengan cairan mengandung sabun akan membantu menjaga kendaraan bersih dari ancaman virus corona. Perlu diperhatikan jangan membersihkan interior menggunakan cairan alkohol, aseton, minyak tanah, dan bensin karena cairan-cairan tersebut akan merusak interior.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com