Kopi tanpa Ampas Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Kesehatan | Senin, 23 Desember 2019 - 10:08 WIB

Kopi tanpa Ampas Bisa Kurangi Risiko Diabetes

BAGIKAN


BACA JUGA

(RIAUPOS.CO) -- Kabar gembira untuk pencinta kopi. Menurut penelitian terbaru, kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Internal Medicine itu mengungkapkan manfaat tersebut tergantung dari cara Anda meracik kopi. 


Ternyata kopi yang disaring atau tanpa ampas jauh lebih bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Temuan dari Chalmers University of Technology dan Umea University di Swedia, menggunakan metode baru untuk membantu membedakan antara efek kopi yang disaring dan kopi rebus. Kesimpulannya, kopi disaring lebih sehat bagi mereka yang berisiko. 

"Kami telah mengidentifikasi molekul spesifik ‘biomarker’ dalam darah pencinta kopi dari asupan berbagai jenis kopi. Biomarker ini kemudian digunakan untuk analisis ketika menghitung risiko diabetes tipe 2," kata peneliti studi Rikard Landberg, Profesor di Universitas Umea seperti dilansir NDTV, Kamis (19/12). 

Hasilnya menunjukkan bahwa kopi yang disaring memiliki efek positif dalam hal mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 (dua). Namun kopi biasa tidak menunjukkan manfaat itu.  Dengan penggunaan biomarker ini, para peneliti dapat menunjukkan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi yang disaring tanpa ampas sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada orang yang minum kurang dari satu cangkir kopi yang disaring. Para peserta juga diminta untuk menjawab kuesioner diet. 

Peneliti me­ngi­dentifikasi konsentrasi darah molekul dari makanan atau minuman tertentu dan menggunakannya sebagai pengukuran asupan yang objektif. Ketika Anda menyaring kopi, maka akan mendapatkan manfaat kesehatan dari banyak molekul lain yang ada, seperti zat fenolik. 

"Dalam jumlah sedang, kafein juga memiliki positif efek kesehatan," kata Landber. 

Beberapa jenis kopi lainnya belum diselidiki secara khusus dalam penelitian ini. Misalnya kopi instan, espresso, cafetiere, dan lainnya.(jpg)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com