SOLUSI PAKAR KECANTIKAN INDIA

5 Tips Rumahan Atasi Masalah Kulit Wajah Akibat Pakai Masker

Kesehatan | Kamis, 24 Juni 2021 - 20:05 WIB

5 Tips Rumahan Atasi Masalah Kulit Wajah Akibat Pakai Masker
Pepaya punya enzim papain mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) yang efektif dalam membantu pergantian sel melalui pengelupasan kimia. (BOLDSKY)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Pandemi Covid-19 belum selesai. Tantangan baru justru mutasi atau varian virus membuat masyarakat dianjurkan melapisi wajahnya dengan masker ganda. Dampak pada kulit karena selalu memakai masker di luar ruangan, tentu harus menghadapi suhu yang berfluktuasi dan tingkat kelembaban yang meningkat.

Dampaknya kulit bisa terasa lebih berminyak, lebih rentan terhadap jerawat dan pori-pori tersumbat serta bercak bersisik. Jika anda perlu memberi kulit perhatian ekstra, pakar kecantikan dari India dr Blossom Kochhar dan dr Geetika Mittal Gupta, memberikan solusi scrub favorit untuk mencerahkan, menyeimbangkan, dan memurnikan wajah, karena efek pemakaian masker seperti dilansir dari Vogue, Kamis (24/6).


1. Cerahkan Kulit Kusam
Potong kentang menjadi dua dan parut jusnya. Gosokkan jus kentang di wajah dan leher termasuk di bawah mata. Biarkan di kulit selama lima menit. Kemudian, campurkan sepotong pepaya matang dengan yoghurt dan tambahkan setetes minyak esensial lavender. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher.

"Pakai masker selama 15 menit dan bersihkan," kata dr Kochhar.

Enzim dalam kentang membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam. Pepaya punya enzim papain mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) yang efektif dalam membantu pergantian sel melalui pengelupasan kimia. Sementara minyak esensial lavender memiliki sifat antibakteri yang menghentikan jerawat.

2. Masalah Pori-pori
Campurkan lidah buaya menjadi scrub yang kental. Oleskan campuran secara merata ke wajah dan bilas dengan air hangat setelah 15 menit. "Bahan yang sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat," kata dr Gupta.

3. Untuk Efek Menenangkan
Kulit jeruk bermanfaat untuk mengurangi kemerahan akibat jerawat atau paparan sinar matahari. Untuk membuat masker wajah ini, giling kulit jeruk hingga teksturnya halus, lalu campurkan dengan air mawar. Air mawar melawan peradangan, membantu mengurangi kemerahan dan noda, serta meredakan gatal dan iritasi.

4. Atasi Jerawat
Siapkan masker dengan kunyit bubuk dan susu, dan oleskan ke kulit. Asam laktat dalam susu mengandung asam alfa-hidroksi (AHA), yang mengelupaskan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Kunyit membantu menyingkirkan bakteri jerawat.

5. Atasi Masalah Ruam
Menurut dr Kochhar, cobalah mencampur air beras dengan jus mentimun dan yoghurt dan mengoleskannya ke kulit. Masker ini kaya Vitamin B, dan mengandung asam ferulat dan allantoin, yang memberikan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan. Jus mentimun tidak hanya dapat mengurangi pembengkakan, tetapi juga dapat menyeimbangkan kulit berkat kandungan vitamin C dan asam folatnya.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  28-jul.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com