WABAH VIRUS CORONA

Rapid Test Diprioritaskan untuk yang Kontak dengan Pasien Positif

Kesehatan | Rabu, 25 Maret 2020 - 14:20 WIB

Rapid Test Diprioritaskan untuk yang Kontak dengan Pasien Positif
INTERNET

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengharapkan, rapid test terlebih dahulu digunakan oleh orang yang bersentuhan dengan pasien terinfeksi virus korona atau Covid-19. Terlebih, rapid test di Indonesia hingga saat ini masih terbatas.

“Rapid test kita itu masih terbatas, bukan berarti adanya rapid test seluruh penduduk yang nggak ada gejala ikut rapid test,” kata Direktur Managemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri, Safrizal Za di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/3).


Safrizal mengaku, telah melakukan koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta terkait penggunaan rapid test. Hasil koordinasi itu dianjurkan rapid test untuk orang yang telah bersentuhan dengan pasien positif Covid-19, misalnya para tenaga medis yang setiap hari menangani pasien korona.

“Saya koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta, yang dianjurkan rapid test orang-orang yang selama ini melakukan kontak dekat dengan pasien positif. Ini dulu yang ditangani,” ucap Safrizal.

“Semalam DKI Jakarta telah membagi rapid test ke puskesmas-puskesmas di seluruh DKI Jakarta. Masyarakat yang ditangani yang punya gejala,” sambungnya.

Menurutnya, orang yang memiliki gejala ringan pun harus didahulukan pemeriksaan rapid test. Mereka harus segera dirujuk ke rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

“Orang yang dicurigai atau masuk ke dalam list karena pernah kontak dekat, yang memiliki gejala ringan dapat dilakukan rapid test di tempat rujukan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, secara nasional tercatat ada 666 pasien positif terinfeksi virus korona, 55 meninggal, dan 30 pasien dinyatakan sembuh.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com